Cara Menabung Untuk Menikah Dengan Penghasilan 3 Juta

By | July 31, 2016

tips-menabung

Tips Menabung Untuk Menikah Dengan Penghasilan 3 Juta

Menikah membutuhkan suatu perencanaan yang matang termasuk mengenai finansial yang akan digunakan untuk menggelar pesta pernikahan. Mengumpulkan uang untuk biaya menikah bisa Anda lakukan walaupun dengan gaji pas-pasan. Nah, berikut ini ada tips menabung untuk menikah yang bisa Anda lakukan sehingga bisa mengumpulkan dana untuk menikah dalam waktu 3 tahun.

Buat tabungan bersama

Buatlah tabungan bersama untuk menabung uang. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak hidup boros dan bisa menyisihkan uang gaji untuk keperluan menabung. Jika uang yang terkumpul sudah lumayan banyak, Anda bisa memasukkannya ke dalam deposito dengan jangka waktu tertentu.

Sisihkan Setidaknya 30% Gaji

Menyisihkan uang 305 dari gaji bisa membuat uang tabungan cepat terkumpul. Tentukan besaran uang yang akan ditabung setiap bulan sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran berapa uang yang akan terkumpul pada suatu waktu tertentu. Tenang, menabung 30% dari gaji tidak berat jika didasari dengan tekad dan keinginan yang kuat. Jika Anda berpenghasilan Rp.3.000.000 dan menabung 30% dari gaji.

Maka 30 % x 3.000.000 = 900.000.

Nah, dalam 3 tahun Anda akan mendapatkan uang = 36 x Rp. 900.000 = Rp.32.400.000

Jika Anda menabung bersama pasangan, maka uangnya akan dua kali lipat menjadi Rp.64.800.000.

Lebih Baik Pacaran di Rumah

Agar hemat, lebih baik pacaran di rumah agar hemat. Anda tidak perlu pergi makan di restoran yang mahal karena itu akan memperbesar pengeluaran. Bolehlah sesekali jalan-jalan, tapi pilihlah tempat yang tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Jika Anda ingin makan di luar, pilihlah warung makan di pinggir jalan. Rasa makanannya juga tak kalah enak kok. Kemudian, hindari nonton film di bioskop. Anda bisa menonton film di rumah. Sekarang sudah banyak film menarik yang bisa di download secara online.

Bawa bekal dan kurangi jajan

Membawa bekal makanan dari rumah cukup efektif untuk menghemat biaya pengeluaran karena akan mencegah jajan. Jika Anda menghabiskan Rp.20.000 untuk sekali makan, Anda bisa berhemat Rp.100.000 dalam seminggu jika membawa bekal dari rumah setiap hari. Bayangkan, dalam waktu 3 tahun, uang tersebut akan menjadi Rp14.400.000. Cukup banyak bukan? Uang itu sudah bisa Anda gunakan untuk menyewa baju pengantin, membeli souvenir dan mencetak undangan.

Hemat Ongkos dengan Berangkat Bareng Pacar ke Tempat Kerja

Jika kebetulan tempat kerja Anda dengan pasangan searah, kenapa tidak berangkat bareng saja? Cara ini bisa menghemat biaya bahan bakar. Selain bisa berhemat, Anda akan semakin erat dengan si dia.

Bikin Foto Pre-wedding Sendiri

Foto prewedding bisa dibuat sendiri agar lebih hemat. Toh foto ini tidak wajib juga. Anda bisa mencari ahli fotografi dengan meminta bantuan teman.

Jangan Mengundang Terlalu Banyak Orang, Cukup Undang Keluarga dan Teman Dekat

Nah, cara yang terakhir untuk bisa berhemat yaitu Anda tak perlu mengundang banyak orang. Cukup undang keluarga dan teman dekat saja agar biaya pernikahan tidak terlalu besar.

Semoga tips menabung untuk menikah di atas bisa bermanfaat.

(Ika Pratiwi)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *