Cara Membuat Paspor Secara Online

By | July 21, 2016

cara-buat-paspor

Saat ini memiliki paspor bukan lagi suatu hal yang asing, terutama bagi mereka yang dalam pekerjaanya dituntut untuk bepergian ke luar negeri. Namun kini mengurus paspor tidak lagi seribet yang Anda bayangkan, karena Anda dapat membuat paspor secara online. Kebijakan ini tentu dimaksudkan untuk menghilangkan praktik percaloan dalam pembuatan paspor.

Cara membuat paspor secara online dan manual memang hampir sama. Perbedaan yang paling menonjol adalah dengan pembuatan paspor secara online Anda tidak perlu antri dan tidak perlu berhadapan dengan calo ketika mendatangi kantor imigrasi.

Sebelum Anda mendaftarkan secara online, Anda harus menyiapkan berkas-berkas sebagai persyaratan dalam pembuatan paspor sebagai berikut :

  1. Scan E-KTP (file jpeg warna grayscale)
  2. Scan Kartu Keluarga (file jpeg warna grayscale)
  3. Scan Ijazah/akte kelahiran (file jpeg warna grayscale)
  4. Scan Surat Nikah (file jpeg warna grayscale)
  5. Semua File tersebut tidak boleh berwarna

Setelah semua berkas disiapkan, Anda dapat membuka situs resmi imigrasi kemudian masuk ke Menu, pilih Layanan Publik, kemudian Layanan Paspor Online. Anda dapat melanjutkan ke Pra Permohonan Personal, setelah terbuka halaman formulir, pilih Paspor Biasa pada tab Jenis Paspor. Anda bisa memilih 48 H Perorangan (Jika kegunaan Paspor untuk berkunjung atau rekreasi) dan 28 H Perorangan (Untuk TKI), lalu isi formulir yang ada sesuai dengan data yang ada pada KTP Anda. Setelah selesai mengisi formulir, silakan klik Lanjut.

Pada halaman berikutnya Anda akan diminta untuk mengupload berkas yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Setelah selesai upload file berkas-berkasnya, silakan klik Lanjut. Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih lokasi kantor imigrasi tempat Anda akan membuat paspor. Pilihlah kantor imigrasi yang terdekat dengan alamat domisi Anda (tidak harus sesuai KTP), lalu klik Lanjut.

Saat muncul tab verifikasi, Anda tinggal memasukkan angka dan huruf pada kode verifikasi tersebut. Kemudian klik OK. Setelah itu akan muncul Bukti Permohonan. Anda harus mencetak bukti permohonan tersebut untuk nantinya dibawa ke kantor imigrasi yang telah Anda pilih saat melakukan wawancara.

Sesuai dengan tanggal yang tertera di bukti permohonan, Anda bisa datang ke kantor imigrasi untuk wawancara, pembayaran dan foto. Tahapan ini akan dilalui oleh seluruh pemohon pembuatan paspor baik yang secara online ataupun secara manual.

Pada saat wawancara, petugas sebenarnya hanya mencocokkan data yang telah Anda kumpulkan sebelumnya. Pada Tahapan ini Anda akan diminta untuk menunjukan berkas-berkas persyaratan pembuatan paspor yang asli. Setelah wawancara, Anda akan diambil sidik jari dan Foto, kemudian tanda tangan Anda di atas buku paspor. Tahapan selanjutnya adalah melakukan pembayaran di loket kasir. Tarif Resmi untuk paspor 48 halaman sebesar Rp 335.000 dan untuk paspor elektronik Rp 600.000 per bukunya.

Setelah membayar, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran serta kartu untuk mengambil paspor Anda. Biasanya paspor akan selesai dalam waktu 3 hingga 7 hari kerja. Pada tanggal yang telah ditentukan, Anda dapat datang ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor Anda.

Demikianlah cara mudah untuk membuat paspor secara online. Demi terciptanya reformasi birokrasi pelayanan publik kita, kita sebaiknya juga mengubah kebiasaan menggunakan jasa calo dalam mengurus dokumen-dokumen kita.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of surasakistock at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *