Cara Membasmi Tungau Di Rumah

By | July 30, 2016

cara-membasmi-tungau

Tungau/Kutu Busuk kerap kali menjadi masalah bagi rumah kita, terutama tungau kasur (tumila). Tungau adalah hewan kecil yang mirip kutu. Bedanya kutu termasuk serangga, kalau tungau memiliki kaki delapan sehingga lebih cocok untuk dimasukkan kelompok laba-laba. Namun demikian, baik tungau maupun kutu sama-sama perlu dibasmi.

Setiap kali tidur kita sering merasa gatal-gatal tapi bukan karena nyamuk. Ini karena tempat tidur kita/kasur mungkin tidak bersih seperti yang terlihat secara kasat mata, karena kasur memiliki banyak partikel debu yang dihuni oleh kutu kasur atau biasa kita sebut dengan tungau.  Tungau dapat menjadi sumber penyakit terutama pada kulit dan sistem pernapasan. Salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh hewan kecil ini adalah scabies. Selain di tempat tidur atau kasur, tungau atau kutu busuk juga dapat hidup di tempat lainnya seperti di sofa, kolong kursi, dan di lemari. Berikut ini cara untuk membasmi tungau di rumah Anda.

Selalu Bersihkan Tempat Tidur

Untuk mengatasi datangnya tungau setiap hari bersihkanlah tempat tidur anda dengan memberihkannya memakai sapu lidi khusus tempat tidur dan minimal 1 bulan sekali cucilah spray dan bad cover anda sampai bersih dan jemur sampai kering. Tidak lupa mengganti sarung bantal dan guling anda seminggu sekali.

Menjemur Kasur, Bantal Dan Guling

Lepas spray dan sarung-sarung bantal dan guling anda, bersihkan kasur, bantal dan guling dengan sapu lidi/vacuum cleaner. Jemur kasur, bantal dan guling Anda di bawah terik matahari sampai kasur, bantal dan guling benar-benar panas. Pukul-pukul kasur, bantal, dan guling menggunakan pemukul kasur agar tungau keluar dan pergi dari kasur, bantal dan guling Anda.

Bersihkan Kamar dan Ruangan Lainnya

Bersihkan Kamar dan ruangan lainnya, terutama di tempat tungau sering bersembunyi. Menyapu, mengepel dan membersihkan dengan vacuum cleaner dapat mengusir tungau dari rumah Anda.

Buka Jendela

Setiap pagi hari buka jendela kamar Anda agar cahaya dan udara bisa masuk ke kamar untuk menggantikan udara kotor dengan udara bersih. Cahaya panas matahari yang masuk ke kamar bisa mematikan tungau pada kasur. Tungau atau kutu kasur sangat senang tinggal di tempat gelap karena tungau takut akan sinar.

Gunakan Kapur Ajaib

Anda bisa gunakan kapur ajaib untuk membasmi si kutu kasur atau tungau ini. Kapur ajaib memang bisa mematikan berbagai serangga seperti kecoa. Dan kutu ini bisa mati juga dengan pengolesan kapur ajaib pada tempat tidur. Anda bisa mengolesnya di tempat tertentu yang biasanya Anda merasakan gatal di sana.

Pakai Wewangian Ruangan

Saat ini banyak sekali merk pengharum ruangan yang dijual. Pakailah pengharum tersebut supaya kamar dan tempat tidur anda selalu wangi dan tungau tidak bisa hidup dengan kondisi tempat tidur yang wangi. Guna menghambat tungau hidup di tempat tidur sebaiknya pilih pengharum ruangan beraroma lavender, eucalyptus, pappermint dan tea tree.

Cara-cara ini bisa Anda lakukan di rumah mulai besok pagi. Tapi yang terpenting selalu bersihkan tempat tidur Anda dan buatlah cahaya matahari masuk ke dalam kamar agar tidak lembab. Tempat yang lembab sangat disenangi kutu, bakteri, dan mikroba lainnya.

Demikian tips cara membasmi tungau di rumah, semoga bermanfaat..

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of nationalgeographic.co.id

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *