Cara Jitu Memilih Mobil Bekas Untuk Pemula

By | July 13, 2016

Cara-memilih-mobil-bekas

Mobil sudah menjadi kebutuhan masyarakat indonesia, terutama di kota-kota besar. Namun demikian, dalam memilih mobil bekas ada beberapa hal yang diperlukan diperhatikan demi mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan anda dan tentunya anda tidak akan menyesalinya setelah anda membeli mobil bekas tersebut.

Dalam memilih mobil bekas, ada baiknya anda mengetahui dahulu jenis mobil yang anda butuhkan, tentu saja disesuaikan dengan kemampuan keuangan anda. Kemudian anda harus mengadakan riset harga pasaran mobil yang anda inginkan melalui iklan-iklan di media massa, internet, dsb. Perlunya memiliki opsi kedua atau ketiga dalam memilih mobil bekas sebagai pembanding. Lebih disarankan untuk membeli mobil bekas dari pemakai langsung/bukan dari showroom mobil bekas. Akan lebih baik apabila anda mengadakan survey saat hari libur.

Langkah berikutnya adalah pengecekan fisik kendaraan. Pengecekan dibagi dalam 3 tahap, yaitu pengecekan eksterior, pengecekan interior dan mesin. Namun, saat kunjungan anda sebaiknya menggali informasi tentang mobil yang anda akan beli dari penjual, seperti kelengkapan surat-surat kendaraan, catatan servis/perbaikan, informasi bengkel rujukan dan harga onderdil, dsb.

Pengecekan Eksterior

Untuk pengecekan eksterior alias Body mobil, dibutuhkan kejelian anda. Biasanya dengan mengetuk-ketuk body mobil anda dapat mengetahui mana body yang sudah didempul atau masih original. Body yang masih original biasanya bunyinya nyaring bila diketuk dibanding yang sudah didempul. Cara lain adalah dengan memperhatikan refleksi bayangan yang dipantulkan dari body mobil. Body mobil bekas yang masih bagus umumnya memantulkan bayangan secara sempurna seperti cermin. Cara yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan cara membuka tutup semua pintu-pintu mobil, termasuk bagasi dan kap mesin. Saat itu semuanya harus normal dan pas. Sektor Roda juga harus menjadi perhatian, kalau kondisi ban gundul, anda harus mulai berhitung karena harga ban sekarang lumayan mahal.

Pengecekan Interior

Interior mobil bekas juga harus diperhatikan detailnya, kalau tidak mau merogoh kocek yang dalam nantinya. Dashboard yang masih utuh/tidak pecah, kisi-kisi AC yang masih utuh, Jok yang tidak sobek, plafon mobil yang masih kencang dan elektrikal yang masih berfungsi semua adalah hal yang harus diperiksa saat memilih mobil bekas.

Pengecekan Mesin

Apabila Anda tidak begitu mengerti soal mesin, ada baiknya Anda mengajak montir dalam memilih mobil bekas. Namun hal sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri saat pengecekan adalah dengan memperhatikan blok mesin secara seksama. Apabila ada lelehan oli, maka Anda harus waspada. Berikutnya dengan mendengarkan suara mesin ketika dinyalakan. Apabila ada suara aneh, lupakan pilihan Anda akan mobil itu. Langkah terakhir tentunya dengan mencoba mobil bekas pilihan Anda ke jalan raya. Rasakan tarikan mesin, sistem kemudi, perpindahan gigi dan suspensi mobil. Apabila ada bunyi-bunyi aneh saat menikung atau melewati jalan berlubang, Anda harus waspada akan perbaikan yang Anda butuhkan jika Anda jadi membeli mobil bekas tersebut.

Demikianlah cara jitu dalam memilih mobil bekas impian Anda. Semoga tips ini dapat bermanfaat saat Anda ingin membeli mobil bekas.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

One thought on “Cara Jitu Memilih Mobil Bekas Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *