Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri

By | July 31, 2016

wisata-malaysia

 

Liburan ke luar negeri sangat menyenangkan karena Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak bisa didapatkan di negara sendiri. Memilih berwisata ke luar negeri bukan berarti tidak menyukai tempat wisata yang ada di Indonesia. Namun, berburu pengalaman baru sangat dianjurkan selagi masih memiliki kesempatan.

Banyak orang menganggap berwisata ke luar negeri itu butuh uang yang banyak karena sangat mahal. Anggapan itu tak selalu benar karena berikut ini ada beberapa cara hemat liburan ke luar negeri. Cara-cara tersebut bisa Anda terapkan sehingga impian berwisata ke luar negeri bisa terwujud meskipun dengan anggaran yang tidak terlalu banyak.

Manfaatkan fasilitas Sharing Economy

Apa itu sharing economy? Sharing economy merupakan konsep berbagi saat liburan. Misalnya, Anda bisa menyewa apartement kosong milik warga yang harganya jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran. Selain itu, Anda juga bisa menumpang kendaraan warga saat menuju ke tempat tertentu. Semua itu bisa Anda dapatkan hanya dengan memanfaatkan fasilitas sharing economy. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai tempat makan, pemandu wisata, tempat wisata murah dan sebagainya dengan layanan fasilitas tersebut. Anda tentu akan lebih berhemat dengan itu semua. Saat ini ada banyak website yang menyediakan fasilitas sharing economy bagi para wisatawan.

Menginap Gratis Sekaligus Kerja

Apakah Anda pernah mendengar World Wide Opportunities on Organic Farms (WWOOF)? Traveler bisa tinggal gratis di suatu lokasi perkebunan karena diberikan kesempatan oleh komunitas WWOOF. Tentu saja itu tidak cuma-cuma karena Anda harus bekerja sebagai gantinya. Anda bisa bekerja di peternakan atau pertanian. Bila tidak bisa keduanya, Anda bisa bekerja sebagai tukang bersih-bersih di sana. WWOOF sendiri ada di beberapa negara seperti Eropa, Australia, Selandia Baru dan Amerika.  Dengan bekerja di sektor pertanian atau perkebunan, Anda akan mendapatkan pengalaman baru karena bisa terhubung dengan para pekerja lokal.

Terbang dengan Maskapai Bertarif Rendah

Untuk pergi ke suatu negara tertentu, Anda bisa memilih jenis maskapai penerbangan yang memiliki tarif rendah. Pilihlah jenis maskapai yang memiliki rute ke negara tujuan Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih membeli promo tiket pesawat. Harga tiket saat promo memiliki selisih yang sangat jauh dibandingkan dengan harga tiket saat normal. Nah, di sinilah Anda bisa berhemat.

Kunjungi Negara ‘Murah’

Ide mengunjungi negara yang nilai tukar mata uangnya murah merupakan salah satu cara agar Anda bisa berwisata ke luar negeri. Negara-negara seperti Malaysia, Vietnam, dan Thailand bisa menjadi negara tujuan Anda berwisata. Negara-negara tersebut selain memiliki kurs mata uang yang tidak terlalu tinggi, juga memiliki banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pengeluaran Anda tidak akan membengkak selama di sana.

Nah, berwisata ke luar negeri tak selalu harus mahal. Anda bisa menerapkan beberapa cara hemat liburan ke luar negeri yang telah dijelaskan di atas. Buatlah perencanaan yang matang agar traveling berjalan dengan lancar.

(Ika Pratiwi)

 
Share

One thought on “Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *