Cara Aman Berbelanja Online Bagi Pemula

By | July 16, 2016

Belanja-Online

Banyak orang memilih belanja online karena lebih praktis dan efisien. Kita tak harus pergi ke suatu tempat untuk memilih barang tertentu yang terkadang harus berjejalan antri dengan pengunjung yang lain. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang lebih suka belanja online.

Walaupun belanja online itu mudah dan praktis, jangan sampai Anda tertipu. Tak jarang banyak konsumen tertipu ketika belanja online. Uang sudah ditransfer tapi barang tidak dikirim.

Untuk berhati-hati agar tidak tertipu, berikut ini ada beberapa tips aman belanja online:

Pilih online shop yang dapat dipercaya

Ada banyak online shop yang bisa Anda temukan. Ketika ingin mencari online shop terpercaya, Anda bisa melihatnya dari testimony atau review dari pembeli. Anda bisa mendapatkan review tersebut melalui forum-forum diskusi belanja yang ada di Google atau Yahoo.

Selain itu, Anda bisa melihat dari alamat websitenya. Online shop yang memiliki alamat website diawali dengan dengan “https://” lebih aman dibandingkan dengan yang diawali dengan “http://” meskipun ini tidak selalu berlaku pada semua online shop.

Jangan mudah tergoda barang sangat murah

Ada banyak penawaran barang dari toko online dengan barang yang murah. Anda jangan langsung percaya dengan semua itu. Kebanyakan toko online penipu melakukan iming-iming barang dengan harga murah yang bahkan di luar kewajaran.

Gunakan cara pembayaran paling aman

Maraknya toko online penipu membuat kita sebagai customer harus selalu ekstra hati-hati. Ada beberapa cara pembayaran dalam belanja online yang bisa Anda pilih. Pilihlah yang paling aman misalnya dengan menggunakan layanan rekening bersama. Anda akan mengtransfer sejumlah uang dari harga barang yang Anda beli ke pihak perantara. Jika barang sudah diterima oleh Anda, uang yang Anda transfer akan dikirim ke penjual tersebut. Cara ini dianggap sebagai cara paling aman.

Gunakan komputer pribadi untuk bertransaksi

Pecinta belanja online biasanya akan memilih mentrasfer uang melalui i-banking karena lebih praktis. Anda tidak perlu pergi untuk mencari ATM hanya untuk melakukan transfer. Yang perlu Anda perhatikan, gunakanlah komputer milik Anda sendiri ketika bertransaksi. Bila Anda tidak memiliki komputer, Anda bisa memilih menggunakan smartphone dengan layanan m-banking untuk bertransaksi. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari kejahatan dunia maya (cyber crime) yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Itulah beberapa tips aman belanja online. Semoga bermanfaat ya.

(Ika Pratiwi)

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *