Bisnis Modal Kecil Untuk Karyawan

By | July 30, 2016

usaha

 

Memiliki usaha sampingan bagi karyawan adalah sesuatu yang wajar dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak orang yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan klasik yaitu tidak punya modal. Banyak juga karyawan yang beranggapan harus memiliki modal besar untuk menjalankan sebuah bisnis. Tidaklah mengherankan, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha, yang justru bisa menjadi bumerang ketika tidak dikelola dengan baik.

Telah banyak buktinya, seseorang bisa sukses dari usaha sampingan yang dijalaninya. Walaupun, saat awal seseorang menemukan ide bisnis sampingan dan melakukan pekerjaan sampingan ini dari iseng-iseng, sekedar hobi, atau memang ingin menambah sedikit pundi-pundi penghasilan. Tidak sedikit juga orang yang meninggalkan pekerjaan tetapnya dan akhirnya secara total menekuni usaha sampingannya karena dianggap lebih memiliki prospek dan penghasilan yang menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa ide peluang bisnis sampingan yang bisa dilakukan dan bisa memberikan banyak uang.

Broker Property

Kenaikan rata-rata harga properti sebesar 10-20 persen per tahun, menjadi salah satu faktor yang membuat pekerjaan ini banyak diminati untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan besar. Permintaan properti juga selalu lebih tinggi ketimbang unit yang tersedia. Artinya, jika Anda memilih untuk berkarir di bidang ini peluang masih terbuka lebar.

Jasa Laundry

Sekarang ini banyak orang yang ingin hidup serba praktis, tak terkecuali dalam urusan mencuci dan menyetrika pakaian. Ini adalah peluang bagi Anda yang ingin memulai usaha jasa laundry. Agar lebih menguntungkan, hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah pangsa pasar. Sebaiknya mencari tempat yang dekat dengan tempat kos mahasiswa dan karyawan.

Agen Voucher Pulsa

Menjual pulsa merupakan ide bisnis yang menjajikan seiring dengan meningkatnya pengguna telepon seluler di tanah air. Bahkan kabarnya, ada seorang pebisnis pulsa di Jakarta memiliki omset hingga Rp 20 triliun setahun. Bila Anda ingin berbisnis pulsa, Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat/konter, pulsa elektrik diaktifkan melalui telepon genggam Anda sehingga relatif tidak membutuhkan banyak modal.

Web Designer

Menjadi web desainer dengan portofolio yang luar biasa bisa memberikan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Apalagi jika Anda membangun jaringan pemasaran dengan target pembuatan portal website sebagai peluang usaha sampingan kecil menengah di rumah.

 

Blogger

Dari seorang blogger kemudian menjadi kaya. Pernyataan itu tidak bukan impian semata, karena sudah banyak blogger yang membuktikannya. Sebut saja seperti Markus Frind, pemilik portal perjodohan PlentyOfFish.com yang hingga saat ini berpenghasilan US$300,000 per bulan. Saat ini portal yang didirikan Markus diklaim sebagai portal perjodohan terbesar di internet. Jadi usaha sampingan dari blog memang nyata adanya.. Anda tertarik mencobanya?

Toko Online

Seperti halnya blog, membuat toko online juga sedang menjadi tren. Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat sudah mulai bergeser ke online. Di lihat dari sisi barang yang dijual, Anda bisa menjual barang Anda sendiri atau mengambil barang dari orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online adalah pakaian, obat-obatan herbal, kerajinan daerah, tas, dan kaos. Sementara itu, barang digital yang populer dijual adalah software, ebook,  themeplugin, musik, dan video tutorial.

Hal menarik lain adalah Anda tidak harus repot mengirim barang apabila Anda menggunakan sistem dropshipping. Para dropshipper-lah yang akan mengirim barang tersebut ke pembeli Anda.

Sebenarnya ada banyak lagi peluang bisnis yang dapat Anda jadikan untuk sampingan Anda. Kunci suksesnya adalah Anda harus ada kemauan dan manajemen waktu yang baik. Sudah tiba saatnya untuk Anda mulai memikirkan bisnis sampingan Anda.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *