Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

By | July 24, 2016

Bahaya merokok

Mungkin bagi Anda yang tidak merokok pernah merasakan bagaimana mengganggunya asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitar kita. Walaupun terkadang sudah ada larangan untuk merokok, namun perokok selalu bunya berbagai cara untuk tetap merokok dan terkadang mereka tidak menghiraukan keadaan di sekitar mereka. Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok pun sebenarnya sudah diketahui oleh para perokok namun mereka tidak mengindahkannya.

Terdapat setidaknya 4000 bahan kimia yang terkandung di dalam rokok. Ratusan di antaranya adalah zat-zat berbahaya dan 70 di antaranya bersifat kanker. Inilah beberapa zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok, antara lain :

  1. Karbon monoksida. Zat yang kerap ditemukan pada asap knalpot mobil ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalangi penyediaan oksigen ke tubuh.
  2. Tar. Ketika merokok, kandungan tar akan ikut terhisap oleh perokok. Tar akan mengendap di dalam paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut-rambut kecil yang terdapat di dalam paru-paru yang bertugas untuk membersihkan kuman dan benda-benda asing lain di paru-paru Anda.
  3. Gas Oksidan. Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaanya di dalam tubuh dapat mengakibatkan penggumpalan darah yang dapat mengakibatkan stroke dan serangan jantung.
  4. Benzene. Zat yang terdapat dalam bahan bakar minyak (bensin) dapat merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan kanker ginjal dan leukimia.
  5. Nikotin. Nikotin dapat mengurangi kadar oksigen yang masuk ke dalam darah. Zat yang bersifat candu ini juga dapat mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung.

Berikut ini adalah penyakit yang timbul dari bahaya merokok untuk kesehatan:

  1. Kanker

Merokok mengakibatkan sekitar 90% akibat kanker paru-paru pada pria dan 80% pada wanita. Resiko ini juga menghantui bagi orang yang tidak merokok namun tinggal dengan perokok. Selain kanker paru-paru, kanker kantung kemih, kanker ginjal, kanker faring, kanker esopagus, kanker pita suara dan rongga mulut, serta kanker lainnya.

  1. Gangguan Pernafasan

Gangguan kesehatan akibat merokok lainnya adalah gangguan pernafasan. Gangguan saluran pernafasan atas seringkali dialami oleh para perokok.

  1. Gangguan Janin

Kebiasaan merokok juga dapat berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin. Efek dari merokok untuk wanita adalah kemandulan, keguguran, kematian janin, bayi lahir cacat, serta sindrom kematian mendadak pada bayi

  1. Penyakit Jantung

Merokok menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri. Lemak dan plak memblokir aliran darah serta dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Hal inilah yang menyebabkan sakit jantung.

  1. Impotensi

Rokok adalah faktor resiko utama penyakit pembuluh darah perifer yang akan mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah pada alat reproduksi pria akan terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yang berukuran kecil dan dapat mengakibatkan impotensi.

Demikianlah bahaya merokok bagi kesehatan tubuh. Apabila Anda saat ini masih belum bisa berhenti merokok, maka mulailah untuk berhenti. Keinginan kuat untuk berhenti merokok adalah cara yang paling efektif untuk berhenti merokok. Kalau tidak dimulai dari sekarang, maka Anda tidak akan pernah berhenti merokok.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *