8 Tips Travelling Murah Dan Hemat

By | July 11, 2016

Tips-Travelling

Bisa menikmati liburan bersama keluarga adalah impian setiap orang. Namun kesan travelling atau wisata yang biasanya menghabiskan banyak uang sering kali membuat beberapa dari kita berpikir dua kali dan akhirnya tidak jadi dilakukan. Tapi jangan kuatir, dalam artikel ini akan kita bahas cara dan tips mendapatkan liburan murah dan hemat.

Sebelum berliburan, kita harus menentukan tujuan tempat utama wisata kita. Penentuan lokasi – lokasi yang akan dikunjungi harus diputuskan jauh – jauh hari karena ini berhubungan dengan besar kecilnya pengeluaran yang akan direncanakan.

Setelah kita menentukan tempat tujuan wisata, hal lain yang bisa dilakukan adalah:

1. Melakukan riset

Pencarian informasi yang lengkap tentang daerah atau negara yang akan dituju adalah poin terpenting dalam perencanaan wisata Anda. Pencarian ini termasuk harga tiket pesawat, hotel atau penginapan lain, transportasi dilokasi tersebut, biaya makan, dll. Hasil riset tersebut bisa dijadikan acuan anggaran awal untuk melakukan wisata.

2. Menabung

Bila Anda sudah mendapat acuan anggaran awal, mulailah untuk menyiapkannya sesuai budget keuangan Anda. Jangan takut bila ternyata anggaran Anda kurang, karena Anda bisa menabung jauh – jauh hari sebelumnya. Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulan agar anggaran wisata tercukupi.

3. Pesan Tiket Pesawat Jauh Hari

Banyak Maskapai penerbangan berlomba – lomba menawarkan tiket pesawat yang lebih murah jika dipesan jauh – jauh hari. Pilihlah maskapai yang menurut Anda paling murah dan aman serta pas dengan waktu libur Anda sekeluarga.

4. Memilih Waktu Travelling

Pemilihan waktu wisata yang murah adalah tidak bertepatan dengan musim liburan. Karena pada saat musim liburan (high season) harga yang ditawarkan pasti berbeda dengan hari – hari biasa. Jika Anda menginginkan travelling murah, carilah waktu dihari kerja biasa, yang tentunya harus disesuaikan dengan kondisi pekerjaan Anda.

5. Mencari Promo

Mencari paket promo berkunjung ke lokasi tertentu di tempat wisata tujuan bisa mengurangi anggaran travelling. Biasanya Anda bisa mendapatkan promo ini di situs online terpercaya yang bekerja sama dengan penyelenggara tempat wisata. Demikian juga dengan penginapan, carilah promo menginap yang biasanya ditawarkan.

6. Memakai Transportasi Umum

Cari informasi mengenai transportasi umum di tempat wisata tujuan seperti bis, kereta, ataupun penyewaan mobil. Pilih mana yang paling murah dan nyaman untuk Anda.  Seperti misalnya jika Anda berlibur ke Singapura, memakai MRT sebagai  transportasi akan sangat mudah dan murah.

7. Cari Penginapan Yang Dekat Tempat Wisata

Selain mencari promo penginapan murah, Anda juga harus memperhatikan lokasi penginapan tersebut, jaraknya ke tempat wisata tujuan dan jarak ke transportasi umum. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tidak perlu lagi menambah anggaran transportasi dari hotel atau tempat menginap ke tujuan wisata.

8. Siapkan Uang Receh

Membawa uang receh saat travelling sangat diperlukan untuk memudahkan Anda dalam membayar toilet, transportasi umum, parkir ataupun hal – hal tidak terduga lainnya. Bila Anda berliburan ke luar negeri, untuk kenyamanan, siapkan uang yang cukup sesuai dengan mata uang di negara tersebut. Walaupun ditempat wisata tersedia banyak money changer, tapi harga yang ditawarkan biasanya berbeda dan menjadikan pengeluaran Anda bertambah.

Demikian 8 tips wisata atau travelling murah dan hemat ala pertamakali.com

Selamat mencoba.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Phasinphoto at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *