8 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

By | July 24, 2016

Bawang-Putih

Bawang putih yang biasanya dipakai sebagai salah satu bumbu memasak ternyata memiliki segudang manfaat. Bahkan para ahli obat di negara Cina sudah memakainya sebagai obat selama lebih dari 500 tahun. Untuk pengobatan, bawang putih bisa dimakan mentah, atau diminum dalam bentuk kapsul sehingga tidak perlu kuatir akan menimbulkan napas yang bau.

Kandungan yang terdapat dalam bawang putih sangat beragam, mulai dari vitamin C, vitamin B6, kalium, kalsium, fosfor, selenium, seng serta mangan dan berbagai kandungan nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ketika dimasak, bawang putih cenderung kehilangan sebagian nutrisi, namun masih tetap berguna untuk kesehatan.

Berikut ini adalah 5 manfaat bawang putih untuk kesehatan yang dirangkum pertamakali.com untuk Anda:

Anti Kanker

Bawang putih mengandung Dialil Sulfida yang berguna untuk mencegah kanker yang bisa mengancam jiwa Anda. Terlebih pada perempuan, mengkonsumsi bawang putih dapat mencegah kanker payudara.

Obat Diabetes

Bawang putih mampu mengontrol kadar gula dalam darah sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Ini adalah salah satu manfaat bawang putih yang sudah teruji. Banyak riset menunjukkan bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Untuk orang dengan kecenderungan berdarah rendah harus berhati – hati dalam mengkonsumsi bawang putih sebagai obat karena malah akan menurunkan tekanan darahnya.

Melindungi jantung

Bawang putih melindungi jantung kita dari penyakit seperti serangan jantung, Seiring dengan pertambahan usia, pembuluh arteri cenderung kehilangan kemampuan untuk meregang. Bawang putih membantu mencegah hal ini dan juga melindungi jantung dari efek merusak radikal bebas. Kandungan sulfur bawang putih juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memperlambat atherosclerosis (mengerasnya pembuluh arteri). Khasiat anti pembekuan darah yang dimiliki oleh bawang putih ini  membantu mencegah terbentuknya darah beku dalam pembuluh darah.

Mengurangi Kolesterol

Bawang putih berkhasiat juga mengurangi kadaar trigliserida dan kolesterol serta mengurangi pembentukan plak pada arteri.

Melawan Alergi

Bawang putih dikenal memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan alergi. Kandungan Anti-Arthritic bawang putih berasal dari Diallylsulphide dan Thiacremonone. Bawang putih terbukti mengurangi alergi. Jus bawang putih mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal dengan cepat akibat ruam dan gigitan serangga.

Mengobati Masalah Pernafasan

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurangi dan menurunkan demam. Kandungan antibakteri bawang putih membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang putih juga membantu infeksi saluran pernafasan. Khasiat yang diberikan bawang putih dalam menyembuhkan masalah paru – paru seperti asma, masalah pernafasan dll, membuktikan bahwa bawang putih merupakan sumber obat yang sangat berharga.

Sakit gigi

Untuk meringankan sakit gigi dapat dilakukan dengan cara menumbuk bawang putih secukupnya dan oleskan pada gigi yang sakit. Usahakan tidak mengenai gusi karena bisa membuat gusi rusak.

Beberapa manfaat bawang putih diatas bisa Anda dapatkan bila mengkonsumsinya secara teratur sesuai dosis yang tepat. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi bawang putih ini karena ditakutkan malah membawa efek yang negatif pada kesehatan kita.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *