8 Makanan Untuk Kesehatan Rambut

By | July 24, 2016

kesehatan-rambut

Merawat rambut dari dalam bisa kita lakukan lewat nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita. Asupan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan vitamin akan membuat kesehatan rambut kita terjaga sehingga rambut pun akan tumbuh sehat dan lebat.

Jumlah rambut manusia pada kulit kepala sekitar 90.000 sampai 140.000 helai, tergantung pada struktur dan warna rambut. Setiap bulan pertumbuhan rambut hanya sekitar 1 cm per helai. Untuk itu kita perlu memelihara kesehatan rambut agar dapat tumbuh maksimal dan membantunya lebih lebat.

Memilih makanan untuk kesehatan rambut agar rambut dapat tumbuh sempurna sangatlah mudah, karena makanan tersebut adalah makanan yang bisa kita makan sehari – hari. (Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Rambut).  Adapun jenis makanan yang dibutuhkan rambut adalah yang mengandung vitamin A, B, C, protein, asam lemak omega 3, zat besi dan seng.

Berikut 8 makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan rambut kita:

  1. Kacang – kacangan

Semua jenis kacang – kacangan seperti almond, kacang mete, kacang tanah dll, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut karena mengandung asam lemak dan zinc. Zinc terbukti bisa mencegah kerontokan rambut, karena itu banyak produsen shampo dan conditioner yang mencampurkan zinc sebagai salah satu kandungannya. Ternyata dengan mengkonsumsi kacang – kacangan, kita juga bisa mendapatkan zinc sebagai bahan alami untuk kesehatan rambut.

  1. Tiram

Seperti halnya kacang – kacangan, tiram ternyata juga mengandung zinc yang tinggi yang berguna bagi kesehatan rambut.

  1. Alpukat

Alpukat sangat baik dikonsumsi bila rambut Anda dalam kondisi kering dan rapuh. Buah alpukat ini  banyak mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat melembabkan rambut dari luar dan dalam.  Untuk perawatan dari dalam, konsumsi alpukat dan telur untuk sarapan akan sangat bermanfaat baik bagi kesehatan rambut maupun kesehatan tubuh kita.

Untuk perawatan dari luar, Anda bisa membuat masker rambut dari buah alpukat ini. Caranya adalah dengan menghancurkan daging buah alpukat menjadi bubur, dan balurkan secara merata ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 10 sampai 20 menit, kemudian keramas seperti biasa. Perawatan ini bisa membantu melembabkan dan menghaluskan rambut, serta memperkuat batang rambut agar tidak mudah patah.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung kalsium yang dibutuhkan rambut untuk pertumbuhannya. Anda bisa mencamput yogurt dengan almond agar mendapat hasil yang maksimal.

  1. Blueberry

Buah ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi yang baik untuk menangkal radikal bebas dan polusi yang bisa merusak kesehatan rambut dan kulit.

  1. Telur

Telur banyak mengandung protein dan biotin, yang merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan rambut yang sehat. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain di rambut, biotin dapat ditemui di kacang panjang, ubi jalar, gandum, tomat dan wortel.

  1. Daging

Daging tanpa lemak merupakan sumber protein hewani dan zat besi yang baik untuk mencegah kerontokan rambut.

  1. Ikan Salmon

Ikan Salmon mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang tinggi yang dibutuhkan tubuh kita untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Itulah 8 macam makanan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut kita. Semoga bermanfaat..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *