8 Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

By | July 24, 2016

manfaat-bawang-merah

Mendengar kata bawang merah, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah bumbu dapur yang wajib ada di setiap dapur di Indonesia. Setiap masakan tradisional pasti memakai bawang merah sebagai salah satu bahan bumbu masakannya. Namun ternyata bawang merah memiliki khasiat untuk kesehatan manusia sama seperti saudaranya, bawang putih. (baca juga 8 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan)

Sebagian orang tidak menyukai bawang merah karena bau yang tidak enak dan rasanya yang agak pedas dan pahit. Namun siapa sangka bahwa bawang merah ini lebih baik dikonsumsi mentah dari pada yang sudah dimasak. Berikut ini adalah manfaat dari bawang merah untuk kesehatan:

  1. Mengontrol Tekanan Darah Dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang merah memiliki zat kuersetin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi resiko stroke dan sakit jantung. Makanan ini sangat berguna untuk membuka arteri yang tersumbat.

  1. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat dalam bawang merah dapat membantu mencerna makanan yang sulit dicerna usus dan mengeluarkan toksin dan sisa-sisa makanan. Jika Anda terkena sembelit jangan sungkan untuk mengkonsumsi bawang merah mentah.

  1. Mengurangi Resiko Diabetes

Mengkonsumsi bawang merah mentah dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh, yang akan menurunkan kadar gula dalam darah. Perbanyak mengkonsumsi salad bawang merah bagi Anda penderita diabetes.

  1. Mengecerkan Dahak

Kandungan saponin dalam bawang merah dipercaya sangat efektif untuk mengencerkan dahak.

  1. Mencegah Kanker

Ternyata bawang merah memiliki kandungan senyawa sulfur yang dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit kanker. Kandungan sulfur/belerang pada bawang merah bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker lambung, paru-paru, usus, payudara dan kanker prostat. Bahkan bawang merah mentah yang dikonsumsi secara teratur dapat menyembuhkan gangguan saluran kemih.

  1. Menurunkan Demam Pada Balita

Dengan mencampurkan irisan bawang merah dengan minyak telon, ramuan ini dapat dipakai untuk menurunkan demam pada anak balita. Mengoleskan ramuan ini pada dahi, dada, punggung dan perut balita yang sedang demam dapat membantu menurunkan demam pada anak Anda.

  1. Obat Masuk Angin

Ramuan minyak telon dan irisan bawang merah juga dapat dipakai untuk mengobati masuk angin/perut kembung pada balita. Dengan mengoleskannya ke perut, bagian dada dan punggung balita rasa hangat dari ramuan ini akan membantu mengobati masuk angin. Untuk orang dewasa, mengkonsumsi bawang merah mentah dapat mengobati masuk angin/influenza.

  1. Menyerap Virus Dan Bakteri Di Udara

Taruh bawang merah yang sudah dikupas di sudut-sudut rumah Anda agar rumah Anda terbebas dari berbagai virus dan bakteri/kuman di udara. Hal ini dikarenakan bawang merah yang sudah dikupas akan menyerap semua bakteri/kuman dan virus yang ada di udara. Dengan demikian rumah anda akan menjadi lebih bersih dan sehat.

Sebenarnya jika dikupas lebih jauh lagi, masih sangat banyak manfaat dari bawang merah ini untuk kesehatan. Namun walaupun bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kita juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Bawang merah dapat menyebabkan gas dan kembung yang dapat memperburuk rasa mulas bagi penderita penyakit maag kronis.

(Marthika)

 
Share

One thought on “8 Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *