8 Kebiasaan Buruk Untuk Kesehatan Manusia

By | July 24, 2016

8 kebiasaan buruk

Mungkin Anda sering mendengar istilah “Sehat itu mahal” dan Anda pasti setuju dengan istilah itu. Hal tersebut dikarenakan mahalnya harga obat-obatan dan biaya pengobatan saat ini. Pola hidup yang sehat sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kondisi seseorang agar tetap sehat. Namun demikian, terkadang kita tidak menyadari jika kita masih melakukan kebiasaan buruk yang justru merugikan kesehatan.

Tanpa kita sadari, berbagai kebiasaan buruk seolah-olah sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Ada sebagian orang yang menyadarinya, namun tidak sedikit pula yang tidak menyadarinya atau bahkan mengabaikannya. Berikut ini adalah 8 kebiasaan buruk yang dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh secara drastis :

Malas Olah Raga

Olah raga tentu memiliki kaitan yang sangat erat dengan kesehatan. Olah raga yang baik, dilakukan secara rutin paling tidak 3-5 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Olah raga sebaiknya Anda sesuaikan dengan minat Anda agar Anda tidak bosan dalam melakukan olah raga. Anda juga dapat mencari komunitas yang sesuai dengan minat Anda dalam olah raga. Selain mendapatkan kenalan baru, Anda juga akan lebih bersemangat dalam berolah raga.

Jarang Minum Air Putih

Istilah “Minuman terbaik adalah air putih” adalah suatu istilah yang tepat. Selain karena tubuh kita 70% terdiri atas air, air putih sebenarnya memiliki mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh. Kebutuhan air manusia per harinya adalah 2 liter, atau 8-10 gelas per hari. Hindari mengkonsumsi minuman berenergi saat tubuh sedang dehidrasi, seperti saat berolah raga, karena itu membebani kinerja ginjal.

Begadang

Kebiasaan buruk yang satu ini mungkin sering kali kita lakukan. Terutama saat musim kompetisi sepak bola di televisi, kita seringkali begadang sampai pagi. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup, supaya stamina dapat pulih dan normal.

Jarang Mencuci Tangan

Berbagai macam virus, kuman sekaligus bakteri dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui tangan kita. Membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan adalah kebiasaan baik dan sehat yang sangat di anjurkan.

Konsumsi Makan Makanan yang Asal-Asalan

Seringkali kita makan hanya sebatas kenyang saja tanpa mengindahkan kandungan gizi yang ada pada makanan yang kita konsumsi. Tubuh membutuhkan nutrisi dari berbagai makanan yang memiliki berbagai kandungan gizi. Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran hijau dan buah-buahan segar adalah suatu loncatan besar yang dapat diambil.

Tidak Mengunyah Makanan Secara Benar

Kebiasaan mengunyah makanan tidak sampai halus akan memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Ketika makanan yang masuk di dalam tubuh tidak dikunyah sampai halus dapat membebani organ pencernaan untuk bekerja lebih keras.

Merokok Dan Minum Minuman Beralkohol

Kebiasan merokok dan minum minuman beralkohol sangat merugikan kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, kedua hal tersebut justru masih banyak dijumpai di dalam kehidupan masyarakat modern.

Terlalu Lama Memakai Gadget, TV Dan Komputer

Terlalu lama menghabiskan waktu dengan menatap gadget atau computer merupakan kebiasaan yang memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan mata dan tulang belakang.

Demikianlah tips yang membahas 8  kebiasaan buruk untuk kesehatan. kebiasaan yang buruk akan menghasilkan tubuh yang kurang sehat, sebaliknya kebiasaan yang sehat akan menghasilkan tubuh yang sehat.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *