7 Langkah Mudah Dalam Safety Riding

By | July 16, 2016

safety-riding

Sepeda motor merupakan kendaraan yang menjadi faforit bagi kaum urban dalam menembus kemacetan yang sering kali terjadi. Namun sangat disayangkan, banyak pengguna sepeda motor yang sering mengabaikan kaidah safety riding dengan alasan klise ‘buru-buru’. Berikut ini 7 langkah mudah safety riding yang dapat Anda praktekan.

Pengecekan Motor dan Kelengkapannya

Sebelum menggunakan kendaraan motor Anda, kita harus memeriksa kondisi motor kita. Kelengkapan seperti STNK dan SIM adalah hal pertama yang harus disiapkan. Hal berikutnya adalah dengan memeriksa tekanan ban, rem, lampu-lampu kendaraan (lampu kecil/besar, lampu sign, lampu rem,dsb). Periksa juga spion dan baut-baut plat nomor Anda, jangan sampai saat Anda sedang mengemudikan motor tiba-tiba plat nomor Anda jatuh di tengah jalan.

Pakai Helm Dan Pelindung

Langah mudah dalam safety riding lainnya adalah tentu saja dengan menggunakan helm saat berkendara, baik untuk pengemudi maupun pemboncengnya. Penggunaan pelindung lain seperti kaca mata, pelindung dada, jaket, sepatu, dll. Juga sangat disarankan untuk safety riding.

Patuhi Rambu Lalu Lintas

Sebagai pengguna jalan tentu suatu kewajiban untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Tertib di traffic light tampaknya sudah mulai pudar bagi sebagian besar pengguna sepeda motor. Padahal bahaya yang mengacamnya sangat besar. Selalu patuhi lampu lalu lintas, marka jalan serta rambu-rambu lainnya.

Menggunakan Lampu Saat Berkendara

Langkah mudah dalam safety riding berikutnya adalah dengan selalu menyalakan lampu besar kendaraan saat berkendara baik siang/maam hari. Hal ini dimaksudkan agar pengguna kendaraan roda 4 dan kendaraan besar dapat melihat anda dari spion mereka saat Anda ada di belakang mereka.

Memberi Tanda Saat Belok/Berhenti

Selalu menggunakan tanda belok (lampu sign) saat anda belok ataupun ketika anda akan berhenti/parkir. Saat Anda akan pindah jalur/keluar parkir Anda juga wajib menyalakan Sign. Segera matikan lampu sign Anda setelah anda belok agar tidak mebuat bingung pengendara lain, karena sistem lampu sign pada sepeda motor berbeda dengan mobil yang aan otomatis mati saat anda membanting stir secara berlawanan dengan lampu sign yang dinyalakan.

Jaga Jarak Aman Anda

Langkah mudah dalam safety riding berikutnya adalah dengan menjaga jarak aman dalam berkendara. Hal ini agar tidak terjadi tabrakan saat ada pengereman mendadak dari kendaraan di depan Anda. Anda juga sebaiknya menghindari pengendara yang agresif dalam mengendarai kendaraannya.

Tidak Menggunakan Posnsel Saat Berkendara

Langkah mudah dalam safety riding yang terakhir adalah dengan menghindari pemakaian ponsel saat Anda sedang berkendara, baik menerima telpon ataupun membaca/mengetik pesan singkat. Selain membahayakan, perilaku seperti ini sangat mengganggu pengguna jalan lainnya.

Itulah 7 langkah mudah safety riding yang Anda dapat praktekan sendiri. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diharapkan lalu lintas kita akan semakin tertib dan rapi, sehingga angka kecelakaan pengguna sepeda motor pun juga dapat ditekan.

(Marthika)

Gambar : Image courtesy of Digitalart at FreeDigitalPhotos.net

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *