6 Keuntungan Memiliki Pikiran Terbuka (Open Minded)

By | July 6, 2016

pikiran-terbuka

Open Minded (pikiran terbuka) adalah ketika anda tahu bahwa anda benar, tetapi anda juga tahu anda bisa saja salah dan mau untuk mendengar opini atau sudut pandang orang lain yang berbeda maupun yang tidak sesuai dengan pemikiran anda.

Menjadi orang yang berpikiran terbuka terkadang terasa susah buat kita. Menampung berbagai macam bentuk pemikiran orang lain baik itu pemikiran yang sama maupun berbeda. Akan susah untuk menampung ide – ide yang berbeda apalagi jika ide itu bertolak belakang dengan ide kita.  Berikut ini merupakan tips serta keuntungan-keuntungan menjadi orang yang memiliki pikiran terbuka (Open Minded) :

1. Melepaskan kontrol

Saat membuka pikiran anda, anda melepaskan diri dari keharusan untuk mengontrol pemikiran anda sendiri. Anda membuat diri anda merasakan ide – ide dan berbagai pemikiran baru yang menantang kepercayaan anda sekarang. Akan terasa bebas untuk melihat dunia melalu pemikiran yang terbuka.

2. Merasakan Perubahan

Membuka pemikiran anda untuk ide – ide yang baru dapat merubah bagaiana anda berpikir dan merubah pandangan anda untuk melihat dunia. Bukan berarti anda akan merubah apa yang anda ketahui, tapi anda memiliki pilihan untuk berubah dengan pemikiran yang terbukan tersebut. Apalagi jika perubahan itu adalah perubahan yang baik, tentunya sangat membantu anda untuk pengembangan diri lebih lanjut. Semua perubahan itu ada ditangan anda.

3. Membuat Kesalahan

Jangan resah dulu tentang judul diatas. Membuat kesalahan memang bukan hal menggembirakan, apalagi jika anda adalah seorang tipe perfeksionis. Jadi, ketika anda membuka pikiran dan melihat hal – hal dari perspektif yang berbeda anda membiarkan diri anda untuk mengenali potensi kesalahan yang anda lakukan bahkan anda juga bisa membuat kesalahan yang baru. Tetapi selalu ingat bahwa adalah sesuatu yang baik untuk jatuh dan berdiri kembali sebagai seorang pribadi yang lebih kuat. Lagi pula dengan mengenali dan melakukan kesalahan yang anda lakukan, anda bisa mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut.

4. Memperkuat Diri

Dengan menjadi orang yang berpikiran terbuka, anda dapat menyusun dan menumpuk berbagai ide yang ada dalam pikiran anda. Belajar hal – hal yang baru, dan tentu mennggunakan ide – ide yang baru untuk menyempurnakan ide – ide yang lama. Segala hal yang anda alami dapat menambah nilai anda, memperkuat diri anda dan memperkuy apa yang anda percaya. Akan sulit untuk menambah pengalaman dan memperkuat  diri tanpa berpikiran terbuka.

5. Semakin Percaya diri

Ketika anda hidup dengan pikiran yang terbuka, anda akan mempunyai kesadaran diri yang kuat. Anda tidak akan dibatasi oleh keyakinan anda sendiri, atau kepercayaan yang dimiliki oleh orang lain. Untuk itu, anda akan mendapat pengetahuan yang banyak saat anda mulai belajar tentang dunia luar. Keterbukaan pikiran membantu anda untuk belajar dan terus bertumbuh, memperkuat keyakinan anda.

6. Menjadi sosok yang jujur

Ada rasa kejujuran yang tersirat saat anda menjadi orang yang berpikiran terbuka. Karena menjadi orang yang berpikiran terbuka anda mengakui kalau anda tidak tahu tentang segala sesuatunya, ini berarti  apapun kebenaraan yang anda temui masih akan akan ada hal yang lebih untuk disadari. Pengertian akan hal inilah menciptakan rasa yang mendasari nilai kejujuran.

Demikianlah tips serta keuntungan bagi Anda yang memiliki pikiran terbuka (open mined). Nah siapkah Anda menjadi orang yang memiliki pikiran terbuka (open minded) ? Semoga tips ini dapat berguna bagi Anda !

Gambar : Image courtesy of Idea Go at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *