5 Kuliner Populer Taiwan

By | July 30, 2016

tips-wisata-taiwan

 

Hingga kini status politik Taiwan masih dipertentangkan, walaupun negara ini memiliki syarat-syarat untuk menjadi negara yang berdaulat. Minimnya pengakuan internasional atas kedaulatan Taiwan, termasuk oleh Indonesia, tidak lantas menjadikan Taiwan menjadi negara yang tidak layak untuk dikunjungi.

Selain wisata alam dan wisata belanja yang ditawarkan, wisata kuliner juga menjadi alasan banyak orang untuk mengunjungi Taiwan. Pasar malam yang banyak dijumpai di Taiwan biasanya menjajakan makanan khas Taiwan dengan berbagai macam variasi. Berikut ini adalah 5 kuliner yang populer di Taiwan.

  1. Sup Mie Daging Sapi

Sup mie daging sapi adalah makanan khas China dan Taiwan yang terbuat dari kaldu sapi, mie China, daging sapi rebus, dan sayuran. Hidangan ini dibuat pertama kali oleh orang-orang Hui (Kelompok etnis Muslim Tiongkok) selama kekuasaan Dinasti Tang. Anda akan banyak menjumpai makanan ini di Taiwan di kedai-kedai pinggir jalan dan mereka menjajakannya bersama lauk seperti, tahu kering, rumput laut, dll.

  1. Omelet Tiram

Makanan khas Tiongkok ini terkenal luas di Taiwan, Fujian dan negara-negara lain di Asia. Sekilas bentuknya mirip pu yung hai yang dapat dengan mudah dijumpai di tanah air, namun dengan topping yang berbeda. Topping yang ada sesuai namanya yaitu tiram. Makanan yang dipercaya dapat meningkatkan libido pria ini, sering dijajakan di pasar malam dan kedai-kedai pinggir jalan.

  1. Tiedan

Tiedan merupakan hidangan khas Taiwan yang terbuat dari telur. Hidangan ini berasal dari distrik Tamsui, New Taipei. Tiedan berulang kali direbus dalam campuran rempah-rempah dan udara kering, sehingga menghasilkan warna coklat gelap di bagian luarnya. Telur ini memiki tekstur yang kenyal dan punya aroma yang kuat.

  1. Suncake Atau Tai Yang Bing

Tai Yang Bing adalah makanan khas Taiwan yang populer selanjutnya. Kue berbentuk bulat ini berasal dari Taichung dan biasanya dijual dalam kotak sebagai souvenir bagi pengunjung. Kue ini dijual dalam berbagai variasi isian dan ukuran. Namun biasanya isiannya adalah gula cair. Suncake ini biasanya disajikan untuk teman minum teh atau dilarutkan dalam air panas hingga menjadi bubur, lalu disantap sebagai hidangan penutup.

  1. Ba Wan

Ba Wan adalah makanan khas Taiwan yang memiliki isian gurih dan disajikan dengan saus yang manis dan gurih. Berbentuk bulat  terbuat dari bahan tepung beras atau di beberapa tempat mereka menggunakan tepung kentang, dengan isian di dalamnya. Bentuk dan terksturnya mirip dengan pangsit rebus. Isian Ba Wan sendiri sangat bervariasi dan berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Akan tetapi bagi Anda yang Muslim anda harus hati-hati, karena biasanya isian Ba Wan terdiri dari campuran daging babi, rebung dan jamur shitake. Anda pelu selektif jika ingin mencari makanan yang halal terutama untuk Ba Wan ini. Makanan ini sudah dikonsumsi masyarakat Taiwan sejak pemerintahan dinasti Qing yang menguasai pulau ini sampai akhirnya diambil alih Jepang pada tahun 1895.

Itulah makanan khas Taiwan yang terpopuler yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Taiwan. Mulai tentukan tanggal kunjungan Anda ke Taiwan dan nikmati sensasi kuliner di negeri ini. Semoga tips wisata di atas bermanfaat bagi Anda yang berniat melakukan kunjungan ke Taiwan..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *