10 Tips Mengelola Waktu yang Dapat Meningkatkan Produktifitas Anda

By | July 4, 2016

Mengelola-Waktu

Dalam melakukan pekerjaan sering kita masih bingung apa yang perlu kita dahulukan untuk diselesaikan. Tidak jarang pekerjaan kita akhirnya tertunda jadwalnya karena kita tidak memiliki target waktu yang jelas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Berikut ini merupakan tips untuk mengelola waktu agar Anda terhindar dari hal hal yang dapat membuat Anda tidak efektif dalam menyelesaikan suatu pekerjaan :

Rencanakan Daftar Prioritas

Anda perlu merencanakan daftar prioritas pekerjaan yang perlu Anda selesaikan. Beri urutan perencanaan pekerjaan yang paling penting untuk Anda selesaikan kemudian beri jatah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Waktu yang ada harus diberikan kepada tugas sesuai dengan urutan kepentingannya.

Organisasikan tugas Anda

Tugas yang memiliki kesamaan dapat dikelompokkan pada satu kelompok sehingga Anda dapat menyelesaikannya secara bersamaan. Hindari mengerjakan tugas yang berlainan dalam waktu yang hampir bersamaan. Usahakan selesaikan pekerjaan yang sejenis dalam waktu yang bersamaan sehingga pikiran Anda tidak mudah bercabang serta usahakan untuk mengelola waktu seefisien mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan.

Arahkan pikiran Anda

Semakin Anda mengarahkan pikiran Anda untuk menyelesaikan pekerjaan yang ingin Anda selesaikan, semakin mudah Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Buat lingkungan yang kondusif serta jauhkan gangguan yang dapat menghambat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Delegasikan

Jika memungkinkan, delegasikan atau beri pekerjaan ke orang lain, jika pekerjaan tersebut dapat diselesaikan oleh orang yang Anda beri kepercayaan.  Produktifitas Anda akan semakin bertambah jika Anda dapat membagi pekerjaan secara efektif.

Rencanakan untuk Menghindari Gangguan

Rencanakan agar Anda terhindar dari gangguan selama mengerjakan pekerjaan Anda. Semakin Anda berkonsentrasi untuk mengerjakan pekerjaan tanpa gangguan, hasil yang dicapai akan semakin baik.

Hemat dan Ringkas dalam berkomunikasi

Semakin Anda hemat dan ringkas dalam berkomunikasi semakin mudah seseorang dalam menangkap maksud Anda. Usahakan Anda tidak banyak “membuang” kata kata ketika menjelaskan sesuatu agar waktu untuk menangkap serta menerangkan maksud Anda juga semakin efektif.

Ambil Keputusan ! (Hindari Penundaan)

Mengalihkan, Menunda atau tidak mengambil keputusan dengan segera dapat menjadi kebiasaan yang dapat memboroskan waktu. Selain itu juga dapat menghilangkan kesempatan, serta membuat Anda menjadi lebih tertekan pada batasan waktu yang sudah Anda tetapkan. Hal ini perlu Anda hindarkan agar Anda dapat mengerjakan pekerjaan lebih tenang dan tentunya hasil yang didapat lebih maksimal jika Anda memiliki waktu yang tersisa. Tips untuk menghindari penundaan : Jika Anda sulit untuk memulai pekerjaan pecahkan setiap tugas ke dalam berbagai tugas yang lebih kecil. Misalkan Anda ingin menulis buku, jangan langsung menulis buku. Tulislah bab atau bagian utamanya saja. Setelah itu Anda dapat memanfaatkan setiap pemecahan tugas dengan efisien. Misalkan Anda dapat menggunakan waktu saat Anda sedang menunggu dan sebagainya.

Kenali Waktu Produktif Anda

Waktu produktif setiap orang berbeda-beda. Jika Anda seseorang yang suka mengerjakan pekerjaan di pagi hari setelah Anda bangun, kerjakan pekerjaan yang paling prioritas, mungkin Anda dapat menggunakan waktu tersebut untuk memecahkan masalah dalam pekerjaan. Jangan menggunakan waktu produktif untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak begitu penting atau pekerjaan rutinitas.

Hindari Kesempurnaan dalam Pekerjaan

Hendaknya Anda berorientasi kepada hasil serta Anda perlu memahami timbal balik antara efisiensi dan kesempurnaan. Anda harus belajar untuk mengatakan tidak karena mengatakan tidak adalah suatu teknik menghemat serta mengelola waktu yang paling efektif. Meskipun begitu Anda tidak perlu terlalu sering mengatakan tidak untuk menghemat waktu Anda.

Beri Reward terhadap Diri Sendiri

Jika Anda sudah dapat mencapai tujuan Anda atau Anda sudah dapat mengelola waktu Anda secara efisien beri imbalan kepada diri sendiri.

Demikianlah tips untuk mengelola waktu agar hasil pekerjaan yang Anda lakukan dapat lebih produktif dan maksimal. Semoga tips mengelola waktu ini dapat bermanfaat.

 

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *