10 Makanan Dan Minuman Pereda Stress

By | July 24, 2016

10 Makanan Dan Minuman Pereda Stress

 

Mengalami tekanan dan berbagai permasalahan dalam hidup seseorang kadang dapat memicu munculnya stress. Misalnya permasalahan di kantor, kelelahan, pekerjaan yang menumpuk, masalah ekonomi, masalah dengan keluarga dan lain sebagainya dapat membuat kita menjadi stress. Bukan hanya orang dewasa, anak – anak dan remaja pun bisa mengalaminya. Dan jika hal tersebut biarkan berlarut – larut pasti akan mempengaruhi kesehatan mental dan tubuh kita.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi stress. Membicarakan masalah yang terjadi dengan orang yang tepat, tentu bisa sangat membantu. Bila belum juga bisa mengatasi stress, ada baiknya Anda mendatangi psikiater untuk meminta bantuan ahli. Berdoa kepada Tuhan juga bisa membuat hati tenteram dan meredakan stress yang dialami.

Di sekitar kita banyak juga bahan – bahan alami yang bisa kita konsumsi agar syaraf otak dan pikiran kita menjadi rileks sehingga stress pun bisa teratasi. Tentu saja dengan mengkonsumsi bahan alami ini akan jauh lebih sehat dari pada bila kita meminum obat yang bisa menimbulkan ketergantungan.

Berikut 10 makanan dan minuman yang dirangkum oleh pertamakali.com untuk mencegah dan meredakan stress:

  1. Yoghurt

Yoghurt tidak hanya membantu melancarkan percernaan, tetapi juga bisa meningkatkan kandungan serotonin dalam otak sehingga bisa menurunkan stress dan memunculkan perasaan tenang. Cobalah mengkonsumsi yoghurt disaat Anda merasa stress agar perasaan dan pikiran Anda lebih rileks.

  1. Cokelat

Coklat sudah terkenal sebagai bahan alami penghilang stress. Hal ini karena cokelat dapat meningkatkan kandungan serotonin dalam otak, sama seperti yoghurt. Selain itu kandungan Phenethylamine di dalamnya bisa membuat perasaan seseorang menjadi bahagia.

  1. Almond atau buah lain yang dikeringkan

Almond, aprikot, kismis, hazelnut dan buah lain yang dikeringkan merupakan makanan kaya selenium, magnesium, vitamin B2 dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk meredakan stress. Nutrisi tersebut berguna untuk relaksasi otot dan melawan depresi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Teh

Teh hijau atau teh hitam bisa juga untuk menenangkan pikiran dan membuat rileks. Minumlah teh hijau atau teh hitam hangat di pagi dan sore hari agar pikiran Anda lebih tenang. (Baca juga: Mengenal Jenis Teh Untuk Kesehatan)

  1. Ikan

Ikan merupakan sumber asam lemak omega 3, mempunyai kandungan vitamin B12 dan B6 yang cukup banyak sehingga mampu mengatasi stress dan depresi.

  1. Pisang

Pisang yang kaya vitamin A, B dan C juga baik dalam relaksasi otot dan meredakan stress.

  1. Susu

Segelas susu di pagi hari selain untuk sumber energi juga mengandung Trytophan yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin, hormon yang meningkatkan suasana hati menjadi nyaman.

  1. Sayuran berwarna hijau

Nutrisi dan vitamin dalam sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung dll, mampu meningkatkan vitalitas tubuh dan menimbulkan semangat.

  1. Ubi

Kebutuhan karbohidrat dan gula meningkat saat kita stress. Ubi mengandung karbohidrat, betakaroten, gula, vitamin dan serat alami yang baik untuk membantu tubuh meredakan stress.

  1. Madu

Madu kaya akan vitamin dan antioksidan yang berguna dalam regenerasi sel, meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan depresi.

Itulah 10 makanan dan minuman sebagai pereda stress. Sedapat mungkin hindarilah stress agar kesehatan tubuh dan mental kita terjaga baik.

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *