10 Kebiasaan Orang Sukses Untuk Meningkatkan Produktivitas

By | July 5, 2016

Kebiasaan-Orang-Sukses

Apa yang membedakan kehidupan anda dengan kehidupan orang sukses? Tentunya hidup orang sukses sekarang lebih mudah dari anda. Tapi untuk mencapai kesuksesan mereka harus berjuang dalam hidup yang sulit. Ini tentunya dimulai dari hal – hal kecil. Salah satu kuncinya adalah melakukan hal – hal yang produktif di keseharian. Berikut adalah 10 kebiasaan orang sukses untuk meningkatkan produktivitas.

1. Mereka tidak bekerja di zona nyaman

Kebiasaan orang sukses yang pertama adalah tidak bekerja di zona nyaman. Zona nyaman didefinisikan sebagai keadaan psikologi ketika seseorang merasa akrab, tenang,  dalam kontrol, dan mengalami tingkat kegelisahaan rendah. Ketika anda keluar dari zona nyaman bukan berarti anda harus berjuang dalam keadaan gelisah dan stres. Keluar dari zona nyaman berarti bertumbuh, anda harus mencoba hal -hal yang baru dan memperluas cakrawala anda.

Alasan kita merasa senang di zona nyaman karena kita tidak mengambil resiko apapun saat kita dalam keadaan ini. Saat kita hidup di zona nyaman, kita hidup layaknya hamster dam roda putarnya, berputar – putar secara konstan tapi tidak melangkah kemanapun.

Motivator terkenal, Les Brown berkata : “Jika anda menempatkan diri dalam suatu posisi dimana anda harus keluar dari zona nyaman anda, maka anda dipaksa untuk memperluas kesadaran anda”.

2. Mereka tidak melakukan sesuatu tanpa pembelajaran awal

Kebiasaaan orang sukses selanjutnya adalah tidak melakukan sesuatu tanpa pembelajaran awal. Belajar adalah sesuatu yang baik untuk kita lakukan. Hal terbaik tentang belajar adalah keuntungan yang kita dapatkan dalam seluruh aspek kehidupan. Orang sukses terus berusaha untuk mempelajari hal – hal baru dan memperluas pengetahuan yang telah mereka ketahui.

Jika kita berhenti belajar, maka satu – satunya hal yang dapat kita dapat adalah puas dengan apa yang kita tahu. Jika kita sudah puas dengan hal itu maka tidak akan ada jalan lagi untuk memperluasnya. Ekspansi pengetahuan merupakan salah satu jalan menuju sukses. Sejak akal pikiran kita membutuhkan pembelajaran untuk melakukan ekspansi, kita tidak boleh berhenti mencari pengetahuan baru.

Coba anda bayangkan jika Bill Gates berhenti belajar dan bertumbuh. Anda mungkin akan kesulitan dalam melakukan pekerjaan kantor anda saat ini. Tapi, karena dia mengikuti mimpi dan terus bertumbuh, dia menemukan salah satu perusahaan terbesar di dunia dan masih terus berkembang sampai sekarang.

3. Mereka tidak takut dalam meminta saran

Richard Branson, salah satu enterpreneur yang terkenal,berkata, “When you need to make hard decisions, being able to discuss your ideas with entrepreneurs and business leaders who have solved similar problems can make all the difference.”  atau dia berkata bahwa saat anda dihadapkan untuk membuat suatu keputusan sulit, mendiskusikan ide anda dengan enterpreneur lain dan pemimpin bisnis lainnya yang telah memecahkan masalah yang sama dapat membuat banyak perubahan.

Meminta saran tidak selalu mudah. Kita berpikir kalau kita mempunyai kesempatan yang sama dengan orang lain dan kadangkala merasa insecure dan ketergantungan, sehingga kita memutuskan untuk tidak meminta saran dan mencoba memecahkan masalahnya sendiri. Tapi, ini akan sangat membatasi kita untuk mencapai potensi maksimal, karena saran yang kita cari bisa jadi sesuatu yang orang lain sudah tahu dengan sangat baik.

4. Mereka tidak tersesat dalam hal-hal yang kecil

Orang sukses memiliki kebiasaan untuk tidak “tersesat”  dalam hal-hal kecil. Ketika hidup memberikan kesempatan tiada akhir, sangat mudah untuk kita untuk terjebak dalam detail -detail yang kecil. Mudah bagi kita untuk fokus ke hal – hal yang kecil, yang menyebabkan kita kehilangan penglihatan ke keseluruhan bagian.

Terlalu fokus ke hal – hal yang detail membatasi kemampuan anda untuk melihat bagaimana segalanya saling terikat. Tersesat dalam hal – hal yang kecil sama seperti, kehilangan suatu bagian dalam sebuah puzzle. Tentu puzzlenya tidak akan pernah selesai.

5. Mereka tidak bermulti-tasking

Orang sukses mengindari kebiasaan untuk bermultitasking. Multi-tasking adalah melakukan banyak kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Multi tasking juga dapat menyebabkan kehilangan produktivitas. Mereka yang sukses fokus terhadap satu tugas yang spesifik untuk dikerjakan dan mengerjakannya sebaik mungkin tanpa adanya gangguan.

Ketika anda bermulti-tasking anda membatasi kemampuan untuk fokus ke suatu pekerjaan dalam suatu tenggang waktu. Orang sukses mengunakan bakat dan kemampuanya dengan cara fokus ke satu tugas atau pekerjaan untuk dikerjakan. Mereka mengerjakan tugas satu-persatu dan tidak dalam waktu bersamaan

Emma Watson berkata “I just dropped my iPhone in my soup. I think it might be time to tone down the multitasking..” atau dia menjatuhkan Iphonenya ke dalam sup, sudah saatnya untuk tidak bermulti-tasking. Hal ini menunjukkan bagaimana kegiatan multi-tasking dapat bersifat menghancurkan dan faktanya saat kita melakukan multi-tasking kita sangat membatasi diri.

6. Mereka tidak membohongi diri-sendiri

Membohongi diri anda sendiri merupakan salah satu hal mudah untuk dilakukan. Lebih sulit untuk menerima masalah yang ada tanpa membuat alasan untuk itu. Orang sukses mengerti bahwa merekan pasti akan mendapatkan masalah, baik internal maupun eksternal.

Tapi sangat penting untuk menerima masalah yang hadir dalam kehidupan kita, daripada tidak mengacuhkan masalah tersebut dan berbohong kepada diri sendiri.

Steve Maraboli berkata “Stop lying to yourself. When we deny our own truth, we deny our own potential.” atau Janganlah membohongi diri sendiri, saat kita menyangkal kebenaran, kita menyangkal potensi sendiri.

7. Mereka tidak menunda-nunda dalam hal menanyakan feedback

Feedback sangat penting, karena memberikan perspektif lain dalam situasi anda sekarang. Terkadang anda tidak bisa melihat jawaban yang sudah ada didepan mata. Tapi saat orang lain memberikan pendapat, anda dapat melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain.

Jika anda menunda orang lain untuk memberikan pendapat atau respon, anda kehilangan waktu yang dapat membawa mencapai mimpi anda. Semakin lama anda menunggu, semakin sulit untuk memanfaatkan saran yang orang lain berikan

“I think It’s very important to have a feedback loop, where you´re constantly thinking about what you’ve done and how you could be doing it better,” Ellon Musk.

8. Mereka tidak menjadi pengikut, mereka memimpin

Mungkin anda sudah pernah mendengar kalimat berikut “Pimpin, ikuti atau silahkan pergi”. Ada 2 jenis orang di dunia : pemimpin dan pengikut. Orang sukses adalah orang yang memimpin anggotanya

Orang sukses bukan sukses karena kesempatan. Mereka tidak mengikuti orang lain sampai ke garis finis. Mereka menciptakan jalur sendiri dalam hidup untuk sampai ketempat mereka seharusnya berada.

Seperti Kata Robert Frost “2 jalan terpisah di hutan, dan aku mangambil jalan yang jarang dilalui, dan itu membuat semuanya berubah”.

9. Mereka tidak membiarkan masa lalu mengambil alih masa depan

Masa lalu adalah sesuatu yang tidak akan bisa diubah, tidak seharusnya kita merubahnya. Karena dengan masa lalu kita tidak akan bisa belajar, pelajaran yang perlu kita pelajari. Oleh karena itu, kita akan berakhir membuat kesalahan yagn sama terus – menerus sampai kita sadar bahwa hidup sedang mencoba mengajari kita.

Suatu ketika, pebisnis Shahid Khan mencuci piring kotor dan dihargai 1.2 Dollar perjammnya. Latar belakang yang rendah hati tidak bisa mencegahnya untuk berpikiran besar. Dengan penghasilan bersih setara 3.8 Milyar dollar, dia memiliki Flex-N-Gate, salah satu perusahaan terbesar di Amerika, juga  NFL’s Jacksonville Jaguars, dan Premier League soccer club Fulham.

10. Mereka tidak bergaul dengan orang – orang negatif

Kebiasaan orang sukses yang terakhir adalah tidak bergaul dengan orang-orang negatif. Berbicara tentang mencapai kesuksesan, orang -orang sukses mengatakan sangat berbahaya jika ada di sekitar orang orang yang negatif. Saat anda berada disekitar orang – orang negatif, anda akan mulai kehilangan arah tujuan mimpi anda. Sukses lebih kepada mindset daripada apapun, dan jika anda selalu mempunyai mindset negatif, hidup akan menghadiahkan anda hasil yang negatif untuk dihadapi.

Joel Olsteen once said, “You cannot expect to live a positive life if you hang with negative people”. “Anda tidak bisa berharap untuk mempunyai hidup positif jika anda bergaul dengan orang – orang negatif”.

Untuk menjadi sukses dibutuhkan fokus dan determinasi, tampaknya setiap orang sukses mengikuti cara tersebut. Oleh karena itu, sangat mudah untuk melihat bagaimana mereka ada dipuncak kesuksesan saat ini. Mereka tahu apa yang harus dilakukan untuk mencapai mimpinya dan tidak membiarkan apapun untuk menghentikan mereka untuk sampai disana.

Demikianlah 10 kebiasaan orang sukses yang dapat dijadikan teladan untuk meningkatkan produktifitas Anda.

Gambar : Image courtesy of fantasista at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *