10 Cara Mudah Bergaul dan Berteman dengan Orang Baru

By | July 5, 2016

cara-mudah-bergaul

Apakah anda punya teman yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari? atau teman anda hanya orang yang sama. Dalam lingkungan kita terdapat banyak orang  dengan beragam kepribadian dan pola pikir yang luar biasa. Lalu bagaimana cara kita agar bisa dekat dan berinteraksi dengan orang – orang tersebut? Baiklah kita mulai berteman dengan banyak orang agar memberikan banyak kemudahan dalam hidup.  Berikut tips yang dapat membantu untuk bergaul dan berteman dengan orang – orang di lingkungan anda:

 1. Be yourself

Tidak ada manusia yang suka dengan orang yang “Palsu”. Palsu dalam artian bertingkah tidak sesuai dengan apa yang anda mau. Jika anda bertingkah tidak sesuai dengan diri anda, maka bukan anda yang berteman dengan orang lain. Seiring dengan berjalannya waktu, jika anda sudah mulai nyaman dan bertingkah sesuai dengan diri anda yang asli, ada kemungkinan anda sudah tidak diterima di lingkungan tersebut, karena orang-orang menilai anda sudah berubah dan tidak sama lagi. Jadi, biarkan orang – orang tahu bagaimana diri anda yang sebenarnya tanpa perlu bersikap palsu.

2. Mulai dengan orang yang anda kenal

Walaupun anda tidak berteman dengan banyak orang, tapi anda pasti punya kenalan yang banyak. Cobalah untuk menghubungi kenalan – kenalan anda, juga teman lama anda. Dan jangan lupa teman dari teman anda juga dapat dijadikan kenalan. Ada kemungkinan anda bertemu dengan orang – orang hebat hanya dengan sekedar nongkrong dengan teman – teman anda. Jika anda diajak keluar, keluarlah bersama mereka. Tinggal dirumah tidak akan membuat anda bertemu dan berkenalan dengan orang – orang baru.

3. Gunakan teknologi

Ada banyak macam grup atau komunitas online yang bisa anda ikuti. Cobalah bergabung dengan grup yang merencanakan kegiatan – kegiatan yang baik. Ikutilah grup atau komunitas yang sepikiran dan sesuai dengan hobi anda sehingga bukan hanya menyenangkan, juga dapat dijadikan media untuk berkenalan dan saling bertukar pikiran.

 4. Berpikiran terbuka

Usahakan agar tidak menjudge atau berperilaku menghakimi orang, anda akan susah untuk mendapat teman baru jika seperti itu. Cobalah terbuka ke orang – orang baru, perilaku, agama, situasi, dll, dengan demikian anda akan mendapatkan teman yang hebat.

5. Cobalah untuk bertanya

Ketikan anda bertemu dengan orang baru, tanyakan sesuatu tentang diri mereka. Anda tidak hanya tahu tentang mereka, juga anda secara tidak langsung menunjukan sikap ketertarikan, yang membuat orang – orang tersebut lebih terbuka kepada anda.

 6. Keluar dari sana.

Keluar dari mana? Jawabannya adalah keluar dari tempat anda sekarang berdiam diri. Keluarlah bertemu dengan orang – orang. Jika anda tidak tahu harus mulai dari mana, cobalah bergabung di komunitas, grup, atau klub. Mulai untuk melakukan aktivtas sukarela. Pastikan anda tidak berdiam diri, pergilah keluar jika ada orang yang mengajak anda untuk keluar.

 7. Hadir!

Untuk mempunyai teman, anda juga harus menjadi teman untuk orang lain. Yang artinya anda membutuhkan orang lain saat ada yang membutuhkan. Jika ada orang menelpon anda dan butuh pertologan, pergilah hampiri. Mereka menghubungi anda karena mereka sudah menganggap anda sebagai seorang teman. Jadilah juga teman yang baik bagi mereka.

 8. Tetap berhubugan

Sudah sering orang-orang kehilangan kontak dengan yang lain karena berbagai macam hal. Dengan adanya internet, sosial media dan media pesan instan, hal – hal seperti itu harusnya bisa dihindari. Cobalah hubungi teman lama anda mungkin anda bisa saling bercerita tentang hal – hal baru. Juga membangkitkan kembali hubungan persahabatan lama anda.

 9. Tahu kapan memberikan informasi

Walaupun kita harus bersikap terbuka dengan teman -teman dekat anda, tapi ada baiknya jika kita tidak memberikan terlalu banyak informasi tentang anda. Jika mereka tidak tahu anda dengan baik, mereka mungkin tidak mau mencari tahu rincian pribadi tentang anda.

10. Lakukan kontak mata dan tersenyumlah

Orang – orang tertentu punya wajah tidak ramah, dengan demikian orang – orang cenderung susah untuk menerima membuat persahabatan dengan anda. Maka dari itu, cobalah untuk tidak terlihat bosan, menyipitkan mata, menyilangkan tangan (tanda untuk tidak berbicara dengan saya), hal – hal berikut membuat anda kelihatan tidak tertarik dan kurang ramah. Ada baiknya melakukan kontak mata sambil tersenyum dapat mengatasi hal tersebut, juga anda akan terlihat lebih ramah.

Demikianlah tips cara mudah bergaul dengan orang-orang yang baru kita kenal, semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *