10 Cara Bangkit Dari Kegagalan

By | July 25, 2016

bangkit-dari-kegagalan

 

Dari kecil Anda pasti sudah terbiasa melakukan permainan dan berkompetisi melawan orang lain. Ada kalanya Anda menang, tapi tak jarang juga harus mengalami kegagalan dan kekalahan. Sebenarnya menang dan kalah dalam suatu permainan adalah hal yang biasa. Tapi bagaimana jika Anda mengalami kekalahan atau kegagalan dalam menjalani usaha Anda?

Jika Anda selalu memperoleh kesuksesan, mengalami kegagalan sekali saja rasanya sudah seperti jatuh di lubang yang dalam. Dan jika hal ini dibiarkan berlarut – larut, pasti Anda akan merasa depresi dan tertekan. Bila Anda sedang mengalaminya, segeralah bangkit dengan melakukan tips berikut ini:

Ikhlas menerima kegagalan

Seperti pada waktu anak – anak Anda diajarkan sportif menerima kekalahan, demikian juga kita harus bisa ikhlas menerima kegagalan. Ingatlah bahwa kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda. Segeralah bangkit dan jangan menyesali diri sendiri.

Koreksi

Pahamilah kenapa Anda bisa mengalami kegagalan. Melakukan koreksi dan mengevaluasi penyebab kegagalan merupakan langkah awal untuk kita bisa bangkit dari kegagalan tersebut. Diharapkan setelah kita melakukan koreksi tersebut, kita tidak akan jatuh pada kegagalan yang sama untuk kedua kalinya.

Terus belajar

Memperkaya diri dengan pengetahuan dan terus belajar akan membuat seseorang menjadi lebih pintar menghadapi masalah. Dengan lebih banyaknya persiapan, semakin membuat kita mantap mengambil langkah selanjutnya.

Memulai dari nol

Mengalami kegagalan bukan berarti membuat Anda menyerah dalam menjalaninya lagi. Mulai dari nol dengan perencanaan yang lebih matang akan membuat Anda lebih siap menghadapi persaingan.

Berpikir kreatif

Ketika Anda akan memulai usaha lagi, hindarilah memakai metode yang sama. Anda harus bisa berpikir kreatif dan mencari ide lain yang lebih menarik untuk dijalankan.

Percaya diri

Kegagalan sering menjadikan seseorang merasa malu dan rendah diri. Agar bisa bangkit dari kegagalan, Anda harus meningkatkan percaya diri terhadap kemampuan Anda sehingga Anda bisa mengatasi rasa frustrasi karena kegagalan yang dialami.

Jangan mudah menyerah

Kesuksesan bisa diraih dengan proses yang panjang dan biasanya harus mengalami kegagalan demi kegagalan. Karena itu janganlah mudah menyerah dan teruslah berusaha melakukan yang terbaik.

Jangan membandingkan dengan orang lain

Janganlah merasa iri terhadap kesuksesan orang lain, apalagi membanding – bandingkan kemampuan orang tersebut dengan kemampuan Anda. Jadilah percaya diri dan tunjukkan kemampuan terbaik Anda.

Bersabar

Jika Anda belum berhasil meraih kesuksesan, bersabarlah. Pencapaian sebuah keberhasilan tidak bisa dilakukan dengan cara singkat. Kesabaran serta dedikasi yang tinggi sangat dibutuhkan. Karena itu, latihlah diri untuk tetap bersabar menghadapi tantangan, sehingga ketika berhasil nanti Anda bisa menikmati hasilnya.

Rajin berdoa

Cara bangkit dari kegagalan berikutnya adalah dengan menyadari bahwa Rezeki, jodoh serta kesehatan datangnya dari Tuhan yang Empunya pemilik kehidupan. Karena itu, selalu libatkan Tuhan dalam setiap langkah Anda, sehingga apa pun yang Anda capai selalu mendapatkan restu dari-Nya.

Demikianlah tips bangkit dari kegagalan semoga bermanfaat..

(Marthika)

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *