Tips Mudik Lebaran

By | June 21, 2016

Tips-Mudik-Lebaran

Tips Mudik – Tidak terasa sudah menginjak di hari ke-17 ramadhan. Umumnya orang Indonesia yang mayoritas muslim sudah membudayakan mudik. Dari Sumatera, hingga Papua, sudah terbiasa dengan pulang kampung bersama keluarga kecilnya ke keluarga besar di tanah kelahiran.

Mudik umumnya dilakukan sebelum tujuh hari sebelum lebaran tiba, dan biasanya sekaligus liburan di tempat rekreasi di dekat rumah kampung halaman. Tentunya, moment tersebut dimanfaatkan selagi dalam masa – masa cuti bersama.

Nah, agar mudik jadi asik dan tidak meninggalkan kesan yang tidak menyenangkan. Maka dari itu kita perlu mempersiapkan segalanya dengan matang. Jangan sampai apa yang kita lakukan saat mudik jadi hal yang merepotkan.

Agar mudik Anda jadi asik, ada baiknya persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Simak 10 tips berikut ini.

  1. Sebelum mudik, periksa kembali pekerjaan Anda yang perlu dituntaskan setelah mudik Anda dalam agenda buku besar. Agar Anda saat tiba di kampung halaman lepas dari rutinitas kerja.
  2. Cek kembali voucher hotel, voucher belanja, voucher tiket rekreasi dan perlengkapan selfie, seperti smartphone, kamera dslr, dan lainnya.
  3. Cek kendaraan bawaan Anda, seperti mobil dan motor. Cek berkala di diler langganan Anda, jangan sampai ada bagian kendaraan Anda yang lemah dan cacat. Karena perjalanan mudik biasanya membutuhkan waktu yang panjang, sehingga perlu kendaraan yang prima dan kuat.
  4. Cek apakah rumah Anda sudah dalam keadaan terkunci dan pastikan kunci rumah dalam keadaan yang aman.
  5. Agar tidak jadi beban pikiran saat ditinggalkan, pasanglah alat pengamanan tambahan CCTV, alat detector pemadam kebakaran, dan lain sebagainya.
  6. Jika Anda mudik dengan kendaraan umum, seperti mobil bus, kereta api, travel, pesawat terbang, usahakan untuk on time (datang tepat waktu). Karena kendaraan umum tidak menunggu Anda untuk berangkat.
  7. Jangan sekali-kali menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal selama masa perjalanan.
  8. Taati rambu-rambu jalan, karena Anda tidak memiliki pengetahuan dalam masa perjalanan.
  9. Usahakan bergabung dalam kelompok saat mudik. Karena dalam satu kelompok Anda akan dapat dengan mudah meminta pertolongan saat terjadi kecelakaan di jalan.
  10. Pastikan dalam setiap perjalanan Anda terlebih dahulu berdoa, untuk membantu ketenangan jiwa saat dalam perjalanan.

Sekian 10 tips mudik, selamat lebaran semoga selamat sampai tujuan.

Gambar : Image courtesy of satit_srihin at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

One thought on “Tips Mudik Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *