Tips Memilih Domain yang Sesuai

By | June 17, 2016

Tips-memilih-domain

Ketika kita memulai sebuah website baru, hal pertama dan salah satu yang paling penting yang perlu dipikirkan adalah bagaimana memilih sebuah domain. Pilihan domain ini akan mempengaruhi kesuksesan sebuah website termasuk optimasi mesin pencarian dan promosi di sosial media.

Domain Keyword

Sejak tahun 2010 telah terjadi penurunan pengaruh domain dengan kata kunci pada mesin pencarian Google. Google tidak lagi terlalu mempersoalkan kecocokan kata kunci dengan domain atau EDM (Exact Domain Match) . Hasil pencarian kata kunci saat ini lebih cenderung mengutamakan bobot isi konten suatu website disamping faktor lainnya (backlink, sosial media, dll).  Meskipun begitu hal ini tidak berarti Anda mengesampingkan faktor kata kunci pada domain. Domain kata kunci tetap memiliki keuntungan agar mesin pencari lebih mudah menemukan website Anda meskipun faktornya tidak begitu besar (di bawah 10%). Dilain sisi, domain dengan kata kunci dapat meningkatkan CTR (Click Trough Rate).

Sebuah studi yang dipublish di Inggris menyatakan bahwa iklan yang ditampilkan website dengan domain kata kunci yang spesifik (misalkan kuncipintu[dot]com) memberikan hasil CTR yang lebih baik dibandingkan dengan domain yang tidak spesifik (misal peralatan[dot]com) atau yang generik (misal alatrumahtangga[dot]com).

Pilih Domain yang Brandable

Memiliki domain yang mempunyai nama sesuai dengan kata kunci merupakan suatu keuntungan, tetapi ada hal lain yang lebih diutamakan orang saat ini, yaitu memilih domain yang memiliki potensi brand pada nama domain.

Brand sangat penting karena nama domain Anda merupakan pondasi dasar bagaimana website Anda akan diingat oleh pengunjung nantinya. Domain Anda mempengaruhi bagaimana nantinya visitor akan mengingat atau mengidentifikasi usaha atau target yang ingin dicapai. Nama domain ini sangat berpengaruh baik di media sosal atau di mesin pencarian.

Berikut ini tips memilih domain yang brandable :

  • Usahakan untuk memilih domain dengan ekstensi .com karena kebanyakan user mengasumsikan sebuah perusahaan atau web terpercaya memiliki domain dengan ekstensi .com.
  • Usahakan memilih domain yang mudah diingat.
  • Usahakan memilih domain yang mudah untuk dieja.
  • Usahakan memilih domain yang relevan dengan isi website.
  • Usahakan memilih domain yang namanya memiliki wibawa (dapat dipercaya).
  • Lebih pendek lebih bagus.
  • Pilih domain yang unik.

Demikian tips memilih domain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai website Anda.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *