Tips Belanja Agar Lebih Hemat

By | June 22, 2016

Tips-Belanja

Tips Belanja Agar Lebih Hemat – Dalam sebuah keluarga pasti memiliki jumlah keuangan tertentu untuk membeli barang – barang kebutuhan rumah tangga. Namun terkadang pengeluaran belanja bulanan itu lebih dari yang diperkirakan (berbanding pemasukan yang ada). Lantas untuk mengantisipasi hal itu kepala rumah tangga dan ibu rumah tangga harus tahu bagaimana menyikapi hal tersebut, agar dapat disesuaikan antara kebutuhan dan pemasukan yang ada. Maka dari itu, simak tips belanja berikut ini agar pengeluaran Anda lebih hemat :

Menulis barang kebutuhan

Catat atau Tulis barang barang kebutuhan rumah tangga yang akan Anda beli. Hal ini dilakukan selain agar belanja Anda lebih efisien juga untuk untuk menghindari berbelanja gila-gilaan (terutama belanja diluar kebutuhan) dan membuat Anda mengeluarkan uang berlebihan.

Belanja dalam jumlah besar

Catat barang barang kebutuhan rumah tangga yang biasa Anda pakai di rumah. Belilah dalam jumlah besar untuk digunakan dalam jangka waktu panjang, misalnya bulanan atau tiga bulanan.

Waktu belanja

Jangan berbelanja saat sedang lapar. Pasalnya kadar glukosa dalam tubuh ketika lapar akan membuat Anda belanja berlebihan. Pilih waktu belanja di hari Minggu, karena ada banyak diskon yang biasanya diberikan supermarket. Selain itu, berbelanjalah di pagi atau malam hari untuk menghindari keramaian pengunjung.

Membandingkan harga

Agar belanja lebih hemat Anda perlu membeli barang yang lebih murah. Ibu rumah tangga biasanya adalah orang yang sangat teliti dalam membandingkan harga barang kebutuhan rumah tangga. Dengan metode membandingkan harga ini, Anda jelas akan lebih bisa berhemat ketika belanja bulanan.

Kupon belanja

Tips pintar belanja bulanan hemat berikutnya adalah memanfaatkan kupon. Anda bisa mendapatkannya melalui koran, majalah, sampai internet. Kupon belanja tersebut akan memberikan diskon khusus untuk barang belanjaan Anda.

Belanja musiman

Jika Anda tidak berbelanja setiap satu bulan sekali, Anda bisa melakukannya di musim tertentu. Misalnya membeli buah dan sayur di musim panen, sehingga harganya akan jauh lebih murah.

Buah dan sayur utuh

Hampir sama seperti tips sebelumnya, hindari membeli sayur atau buah yang sudah dipotong. Sebab harganya lebih mahal. Agar lebih hemat, buah dan sayur sebaiknya dibeli dalam bentuk utuh.

Uang tunai

Hindari berbelanja dengan kartu kredit. Sebaliknya, siapkan uang tunai dalam jumlah terbatas sehingga membuat Anda terbatas untuk berbelanja.

Kartu supermarket

Supermarket biasanya menawarkan kartu tertentu untuk memberikan diskon bagi Anda ketika belanja. Meskipun awalnya harus membayar mahal, namun ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kartu supermarket tersebut.

Produk lokal

Seperti metode membandingkan harga, memilih barang kebutuhan rumah tangga bisa difokuskan pada produk lokal. Pilih yang mutunya baik dengan harga terjangkau agar Anda lebih bisa berhemat.

Demikian tips belanja agar pengeluaran Anda lebih hemat serta untuk menghindari belanja di luar kebutuhan setiap kali Anda belanja, semoga bermanfaat.

Gambar : Image courtesy of Iosphere at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *