Tips Belajar Efektif Secara Mandiri

By | June 25, 2016
tips-belajar

Saat ini dunia online menyediakan banyak sekali sumber yang dapat dijadikan bahan belajar buat kita. Ada sumber yang berasal dari luarnageri atau sumber sumber yang berasal dari dalam negeri. Di samping itu berbagai gangguan juga banyak tersedia di dunia internet ketika kita berniat untuk belajar. Terkadang kita tanpa sadar malah mengakses konten berita atau malah iseng melihat video yang ditampilkan pada youtube.

Berikut ini merupakan tips bagi Anda yang ingin belajar mandiri, agar Anda dapat belajar secara efisien :

Persiapkan Lingkungan Belajar yang Kondusif

Tips belajar yang pertama adalah persiapkan lingkungan belajar Anda. Buat ruangan belajar Anda lebih kondusif untuk belajar seperti : pengaturan meja, kursi yang nyaman, laptop, buku buku dan latop yang Anda butuhkan dan siapkan beberapa alat tulis seperti pulpen, pensil dan penanda. Letakkan alat alat belajar Anda di tempat yang mudah terlihat serta terjangkau.

Persiapkan Kamus

Tips belajar yang kedua adalah persiapkan kamus. Kamus dapat memudahkan Anda dalam memahami istilah istilah yang kurang Anda mengerti ketika Anda sedang belajar. Kamus terbaik saat ini adalah Google. Anda dapat mempersiapkan kamus online seperti dari google translate atau kamus istilah istilah yang banyak bertebaran di internet melalui mesin pencarian seperti google. Jika Anda dapat terhubung secara online ada baiknya alamat untuk mengakses kamus atau mesin pencarian sudah ada di desktop Anda. Jadi Anda tinggal sekali klik untuk mengakses kamus tersebut.

Beri Highlight

Tips belajar yang ketiga adalah memberi haighlight pada konten penting yang sedang Anda pelajari. Anda dapat menggunakan market dengan warna yang tidak terlalu menyilaukan mata pada teks atau kalimat yang Anda anggap penting dan perlu pengulangan.

Belajar dari Sumber yang Berbeda

Tips belajar yang keempat adalah belajar dari sumber yang berbeda. Jangan batasi sumber belajar Anda hanya pada satu sumber. Gunakan sumber belajar yang berbeda yang dapat memberi sudut pandang yang berbeda ketika Anda berusaha memahami suatu pelajaran. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah dalam memahami hal yang sedang Anda pelajari.

Gunakan Rerensi yang Ada

Tips belajar yang kelima adalah gunakan referensi yang diberikan sumber. Ketika anda mempelajari suatu pelajaran pada buku atau halaman internet adakalanya dicantumkan sumber informasi atau refrensi yang digunakan oleh buku atau halaman internet yang manjadi bahan belajar kita. Gunakan jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut
gunakan referensi referensi yang diberikan, sehingga Anda dapat mempelajarinya secara lebih mendalam.

Tanyakan kepada yang sudah Expert

Tips belajar yang keempat adalah tanyakan kepada ahlinya. Ketika Anda belajar sendiri adakalanya pengertian yang kita dapatkan hanya berupa asumsi kita saja. Jika memungkinkan Anda dapat bertanya kepada yang sudah berpengalaman atau yang sudah expert mengenai hal yang sedang kita pelajari sehingga Anda lebih yakin dengan ilmu yang Anda peroleh nantinya.

Gunakan Contoh

Tips belajar yang ketujuh adalah gunakan contoh. Tidak hanya teori Anda perlu mancari tahu penerapan teori atau materi yang sedang Anda pelajari.  Cari contoh kasus bagaimana sesuatu itu diterapkan sehingga Anda dapat lebih mudah memahami serta dapat mempraktekkan pelajaran Anda.

Belajar Setiap Hari

Tips belajar yang kedelapan adalah belajar setiap hari. Penting untuk rutin belajar setiap hari. Anda dapat menyediakan waktu belajar Anda setiap hari secara rutin untuk mencicil hal yang sedang Anda pelajari serta melakukan pengulangan agar Anda tidak mudah melupakan pelajaran Anda dan semakin cepat mengerti. Lebih baik belajar dengan waktu yang pendek tetapi rutin dilakukan daripada mempelajari sesuatu sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Review

Tips belajar kesembilan adalah jangan hanya membaca, lakukan review. Jangan hanya membaca apa yang udah Anda pelajari, lakukan review mengenai pelajaran Anda. Hal ini agar Anda dapat melihat apa yang masih perlu Anda ketahui serta membantu Anda dalam mengingat kembali hal hal yang udah dipelajadi agar tidak mudah lupa.

Sampaikan atau Ajari Hal yang sudah Anda Pelajari

Tips belajar yang kesepuluh adalah ajari apa yang sudah anda pelajari. Jika Anda ingin agar pengetahuan Anda lebih meningkat dan bermanfaat coba mulai untuk mengajar. Anda dapat menjadi guru privat atau Anda juga dapat sharing di forum forum mengenai apa yang Anda pelajari.

Memiliki Jadwal

Tips belajar yang terakhir adalah memiliki jadwal. Belajar sendiri memerlukan komitmen, bukan sekedar hiburan. Pastikan Anda dapat menyesuaikan jadwal Anda dengan aktifitas sehari hari dengan batasan waktu dan tanggung jawab untuk pelajaran Anda.

Demikian tips belajar efektif yang dapat anda lakukan secara mandiri, semoga bermanfaat bagi Anda.

Gambar : Image courtesy of everydayplus at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *