Membuat Project Calendar Pada Microsoft Project

By | June 6, 2016

Project Calendar adalah kelendar yang dapat digunakan project pada microsoft project sebagai acuan waktu untuk melaksanakan kegiatan di dalam project. Di dalam calendar project kita biasanya sudah menambahkan atau mengurangi hari hari libur atau masuk kerja (dibedakan dengan kalendar standar) yang disesuaikan dengan keadaan project yang ditangani.

Sebelum membuat perencanaan aktifitas pada microsoft project kita perlu menentukan terlebih dahulu calendar project yang digunakan agar waktu pelaksanaan aktifitas dapat sesuai dengan gambaran rencana proyek yang sebenarnya.

Pada microsoft project tipe calendar standard yang tersedia adalah :

  • Gregorian Calendar : Sering disebut juga sebagai western calendar merupakan tipe kalendar yang umum digunakan di oleh orang orang seluruh dunia
  • Hijri Calendar : Merupakan kalendar yang digunakan oleh umat islam di seluruh dunia
  • Thai Buddhist Calendar : Merupakan kalendar yang digunakan oleh negara di Asia Tenggara sebagai kalendar religius agama Budha

Secara default tipe calendar standar pada microsoft project adalah Gregorian Calendar. Jika Anda ingin mengubahnya Anda dapat masuk ke tab File > Options > Display > ubah pada kolom Calendar Type.

Calendar-Project-0

Seperti yang sudah dibahas di atas untuk membuat calendar project yang custom yang disesuaikan dengan project Anda, cara nya adalah sebagai berikut :

  • Pada lembar kerja microsoft project, masuk ke tab PROJECT. Klik pada menu Change Working Time.
  • Pada jendele Change Working Time klik tombol Create New Calendar…

Calendar-Project-2.11

Kemudian pilih Create new base calendar jika ingin membuat kalendar yang baru atau pilih Make a copy of <Optional Calendar> , jika ingin mengcopy calendar dari kalender yang sudah ada sebelumnya yang kemudian diedit sesuai dengan kebutuhan project Anda. Misalkan untuk contoh ini kita akan membuat calendar project yang berasal dari calendar standard yang akan dicustom.

Calendar-Project-3.1

Terdapat 2 tab Exception (digunakan untuk men-set tanggal libur tertentu) dan Work Weeks (untuk menset hari-hari kerja dan jam kerja dalam 1 minggu).

Menset jumlah hari kerja dan jam kerja dapat dilakukan dengan masuk ke tab Work Weeks kemudian klik tombol Details…

Calendar-Project-4

Klik pada Set day (s) to these specific working times untuk mengisikan jam kerja yaitu pada kolom From dan To.

Set jam kerja untuk masing-masing hari kemudian klik OK untuk menutup jendela Details.

Calendar-Project-5

Untuk mengisikan hari hari libur Anda perlu masuk ke tab Exeptions.

Pada kolom Name isikan dengan nama hari libur yang ingin anda tambahkan. Kemudian pada kolom Start dan Finish isikan dengan tanggal hari libur. Jika hari libur (Exceptions) Anda lebih dari satu, Anda tidak dapat mengisikan hari libur yang sama pada dua Exceptions.

Setelah selesai klik tombol OK.

Calendar-Project-1

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *