Cara Sehat Menyikat dan Merawat Gigi

By | June 25, 2016

cara-menyikat-gigi

Menyikat gigi Anda secara rutin sangat penting artinya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Beberapa resiko penyakit berbahaya dapat menyerang jika kondisi gigi Anda dalam keadaan berlubang serta penuh dengan bakteri. Dengan menyikat gigi yang benar diharapkan gigi Anda dapat tetap sehat serta mood Anda juga dapat tetap terjaga.

Berikut ini merupakan tips cara merawat serta menyikat gigi yang benar :

Hindari merokok

Merokok dapat merusak gigi serta menimbulkan nafas bau. Penelitian yang dilakukan di Selandia Baru menunjukkan adanya hubungan yang jelas Antara rokok dan penyakit periodontal (penyakit yang menyerang pendukung gigi) di mana perokok mengalami peningkatan serta kemungkinan menderita pada usia antara 30-40 tahun.

Sikat Gigi Elektrik tertentu dapat Bekerja lebih Baik

Berdasarkan ulasan sebuah universitas, sikat gigi elektrik dengan bulu kepala melingkar yang bisa memutar bolak balik, bisa mengurangi gingivitis (peradangan apda gusi) sampai 17 % lebih efektif dibanding dengan sikat gigi manual setelah tiga bulan. Sedangkan sikat gigi elaktrik yang tidak bisa memutar bolak balik tidak lebih bagus
dengan sikat gigi manual dalam membuang plak serta mencegah gingivitis.

Jeda Waktu setelah Makan sebelum Sikat Gigi

Waktu ideal untuk menyikat gigi bukan lah setelah Anda makan, tetapi beberapa saat setalah Anda makan. Hal ini dikarenakan setelah Anda makan zat asam dari makanan yang ada di permukaan gigi dapat memperlemah gigi Anda. Beri jeda 1 jam setelah makan sebelum Anda menyikat gigi Anda. Anda bisa menyikat gigi Anda sebelum sarapan atau bawa sikat gigi Anda ke tempat kerja dan sikat gigi Anda satu jam setelah sarapan.

Gigi sehat Berarti Jantung Sehat

Penelitian di Skotlandia menemukan bahwa mereka yang jarang menggosok gigi atau bahkan tidak sama sekali beresiko mengalami gangguan kardiovaskular 70 % lebih tinggi dibandingkan dengan yang rajin gosok gigi. Sedangkan penelitian di Denmark menyimpulkan bahwa mereka yang sudah tidak memiliki gigi memiliki resiko tiga kali lebih tinggi terkena stroke serta 50 % lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Sikat Lidah Anda ketika Menyikat Gigi

Selain dapat berkumpul pada gigi, plak juga dapat berkumpul di lidah Anda. Meskipun bukan merupakan kebiasaan yang mudah dilakukan menyikat lidah Anda ketika sikat gigi merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Berdasarkan penelitian klinis menunjukkan bahwa membersihkan lidah menggunakan alat gabungan sikat dan pengikis dapat mengurangi kandung sulfur di mulut hingga 42 %, menggunkan alat pengikis lidah bisa mengurangi sampai 40 %, dan menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah dapat mengurangi hingga 33 %. Kandungan sulfur merupakan penyebab nafas Anda menjadi bau.

Jangan Menyikat Gigi Secara Berlebihan

Menyikat gigi Anda secara terus menerus tidak akan membuat gigi Anda lebih putih. Jangan terlalu sering menyikat gigi. Jika Anda terlalu sering menyikat gigi dapat menyebabkan goresan ringan serta dapat mengakibatkan pengelupasan email gigi Anda. Ketika menyikat gigi jangan dilakukan dengan tekanan penuh. Lakukan dengan cara yang halus serta tidak berlebihan. Sikat secara detail gigi Anda, jika perlu Anda dapat menggunakan benang floss. Idealnya menyikat gigi minimal 2 kali sehari.  Butuh kira kira waktu 14 jam untuk terbentuknya plak di gigi Anda, jadi dengan menyikat minimal 2 kali sehari dapat mengatasi nya.

Demikian cara menyikat serta merawat gigi Anda agar gigi Anda selalu dalam keadaan sehat untuk menunjang kegiatan sehari hari Anda. Semoga tips menyikat dan merawat gigi ini dapat bermanfaat.

Gambar : Image courtesy of David at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *