Cara Print di Excel

By | June 2, 2016

Sebelum mencetak atau menge-print data pekerjaan yang sudah dibuat, Anda pertama tama perlu terlebih dahulu menentukan area atau zona data yang akan di-print atau dicetak. Langkah selanjutnya Anda dapat melakukan setting layout percetakan dan melihat tampilan data yang akan dicetak. Kemudian Anda dapat melakukan pencetakan.

Berikut ini adalah cara untuk mencetak area kerja (data) pada excel :

Fungsi Print Area

Untuk membuat / menentukan area pencetakan, caranya :

Pilih area yang akan dicetak / di-print (Pada contoh di bawah area yang dipilih adalah C5:F20), setelah itu :

Masuk ke tab Page Layout >> klik Print Area >> klik Set Print Area.

Print-Excel-2

Sekarang, Anda dapat mencetak / menge-print area yang sudah terpilih.

Fungsi Page Layout

Membuat Header atau Kolom yang Berulang

Untuk membuat header atau kolom yang berulang saat mencetak halaman yang lebih dari satu halaman, caranya :

Masuk ke Page Layout >> Print Titles. Setelah itu akan muncul jendela Page Setup. Fungsi Page Setup ini adalah untuk mengatur tapilan halaman hasil cetakan kita nantinya. Ada beberapa tab yang tersedia yaitu Page, Margin, Header/ Footer, Sheet. Langkah selanjutnya pilih tab Sheet. Isikan area yang akan dicetak pada kolom Print area >> Isikan header yang akan dibuat berulang pada kolom Rows to repeat at top >> Isikan kolom yang akan dibuat berulang (opsional / jika ada) pada Columns to repeat at left >> klik OK.

Print-Excel-1

Pada saat mencetak maka header pada baris ke-5 pada contoh di atas akan tercetak berulang untuk pencetakan data yang lebih dari satu halaman. Kolom C juga akan berulang untuk pencetakan yang lebih dari satu halaman. Kolom ini juga dapat dikosongkan jika tidak ingin dicetak berulang.

Membuat Nomor Halaman (Paging) Pada Footer / Header

Untuk membuat penomoran halaman pada saat mencetak, caranya :

Masuk ke tab Page Layout >> Print Titles :

Pada window Page Setup masuk ke tab Header/Footer >> klik Custom Header (jika ingin menempatkan paging di header) atau klik Custom Footer (jika ingin menempatkan paging di footer) >> Arahkan kursor dan klik di area kiri, tengah atau di kanan. Pada contoh dipilih di kanan (Right selection) >> klik tombol Insert Page Number untuk memberikan no halaman >> klik OK.

Print-Excel-6

Pada contoh, setelah mengklik tombol Insert Page Number pada area kanan (Right selection) akan muncul kode no halaman &[Pages].  Anda dapat menambahkan kata misalkan dokumen Anda nanti terdiri dari 2 halaman. Anda dapat menambahkan dari 2 di sebelah kanan kode no halaman menjadi &[Pages] dari 2.

Membuat Area Pencetakan dapat Dicetak Semua Isinya Pada Satu Halaman Kertas Yang Dipilih

Pada Microsoft Excel 2007, untuk dapat mem-fitting pencetakan area yang dipilih dalam satu halaman pencetakan, caranya :

Klik button Office >> klik Print >> klik Print :

Print-Excel-3

Cara lainnya adalah dengan langsung tekan Ctrl+P.

Pada jendela Print, klik Properties , lalu pada jendela baru masuk ke tab Page Setup >> klik Fit-to-Page pada bagian Page Layout >> klik OK >> klik OK sekali lagi untuk mencetak.

Print-Excel-4

Sedangkan pada Microsoft Excel 2013 caranya adalah :

Klik menu File > klik Printer Properties > Page Setup > Fit-to-Page

Print-Excel-5

Catatan :

Pilihan Fit-to-Page akan menyebabkan besarnya ukuran font menyesuaikan dengan ukuran kertas yang dipilih agar dapat dicetak hanya dalam satu halaman. Pilihan Normal-size akan mencetak sesuai dengan ukuran / tampilan aslinya, sehingga ada kalanya hasil cetakan lebih dari satu halaman.

Fungsi Print Preview

Sebelum melakukan pencetakan Anda dapat memastikan tampilan halaman yang akan dicetak terlebih dahulu. Tampilan ini adalah hasil print yang ada pada halaman hasil cetak nantinya.

Pada Microsoft Excel 2007, print preview dapat diakses melalui :

Klik button Office >> klik Print >> klik Print.

Print preview pada Excel 2013 dapat dilakukan melalui :

Klik menu File > klik Print.

Print-Excel-7

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *