Cara Minum Jus yang Sehat dan Benar

By | June 18, 2016

Minum-Jus-Sehat

Selain dapat dimakan langsung, buah atau sayur dapat dibuat jus terlebih dahulu sebelum dimakan. Tujuannya adalah agar kita dapat lebih cepat menghabiskan menu buah atau sayur tersebut (lebih mudah dicerna) serta ada juga yang menganggapnya lebih nikmat.

Meskipun Jus Buah atau Jus sayur sehat untuk dikonsumsi tetapi cara minum atau cara mengkonsumsinya memiliki aturan sendiri yang jika dilanggar akan berdampak kurang baik bagi kesehatan terutama pencernaan.

Berikut ini aturan minum Jus Buah yang sehat menurut ilmu kesehatan :

  • Jika mencampur buah buahan atau sayur usahakan mencampur jus buah buahan yang rantai kimianya sama. Jika jus atau buah yang memiliki rantai kimia berbeda dicampurkan, maka lambung akan lebih keras untuk mencerna dengan kondisi yang berbeda tersebut. Jadi usahakan membuat jus dari buah buahan yang rantai kimianya sama. Contoh : campurkan jus buah yang sama sama banyak mengandung kadar air woter dengan apel atau melon dengan semangka. Jangan mencampur jus melon dengan pisang.
  • Jangan menambahkan gula pada jus. Buah yang kita jus telah mengandung gula sederhana yang cepat diserap oleh lambung di usus tetapi lama diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Jika Anda menambahkan gula pasir atau pemanis buatan pada jus maka efeknya tubuh Anda akan mengalami lonjakan gula dan Anda rentan mengalami kegemukan. Disarankan juga agar menahan sebentar jus di dalam mulut sebelum ditelan agar dapat bercampur dengan enzim enzim dalam air ludah. Juga ketika Anda membeli jus kemasan usahakan agar tidak membeli yang ada tambahan gulanya (sukrosa).
  • Minumlah jus sesegera mungkin setelah diproses menjadi jus. Jangan dibiarkan berlama lama lebih dari 20 menit, karena proses fermentasi atau pembusukan jus dimulai setelah 20 menit jus dibuat.
  • Minumlah jus dengan ampasnya, karena pada ampasnya mengandung banyak kandungan vitamin dan serat yang berguna bagi tubuh. Minumlah sedikit demi sedikit bersama ampasnya sambil dikunyah.
  • Minum jus saat perut Anda dalam keadaaan kosong. Idealnya adalah 15 sampai 30 menit sebelum Anda mengonsumsi karbohidrat, protein atau lemak. Saat Anda sudah makan makanan berat tunggulah paling sedikit satu atau dua jam sebelum Anda mengonsumsi jus buah.

Demikianlah cara minum jus yang sehat, gampang bukan ? Semoga bermanfaat dan dapat diterapkan.

Gambar : Image courtesy of KEKO64 at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *