Cara Menjual Handphone Bekas

By | June 23, 2016

Handphone-Bekas

Tips Smartphone – Pernah menjual handphone bekas atau yang sudah Anda pakai sebelumnya? Bagaimana, mudah atau susah berjualan hanphone bekas?

Tentu barang yang sudah kita pakai adakalanya ingin ganti yang baru yang sesuai trend di kalangan saat ini. Namun karena keterbatasan dana, kita pun menjual hp dengan harapan dapat uang dan ditambah dengan uang tabungan kita saat ini.

Tetapi apakah kita tahu, bahwa menjual handphone bekas tak semudah dengan membalikkan telapak tangan? Nah agar jualan hp kamu cepat sold out, simak tips berikut ini:

Sebelum menjual hanphone bekas atau smartphone yang sudah kita pakai, pastikan smartphone anda tidak dalam keadaan rusak. Karena jika dalam keadaan rusak tentunya tidak akan ada yang mau membelinya, kecuali counter. Dan jika ada beberapa hardware smartphone yang sudah anda ganti atau mungkin baterai sudah anda ganti maka katakan yang sesungguhnya.

Pertama Bersihkan Seluruh Bagian Handphone bekas Anda

Pembeli yang ingin membeli handphone bekas yang ingin anda jual tentunya akan melihat kondisi body dari handphone itu sendiri. Jika handphone bekas anda masih terlihat kinclong, mulus, dan tidak terlalu banyak goresan mungkin akan membuat pembeli tergiur dengan handphone bekas anda. Pembeli lebih dominan cek kondisi body handphone, dan barulah nanti cek kelengkapan dari handphone itu sendiri.

Sebelum menjual handphone bekas, alangkah baiknya anda bersihkan body handphone itu sendiri mulai dari layar, body, dan baterai smartphone. Bersihkan dengan lap dan pelicin yang lembut agar agar terlihat bersih dan kinclong. Jangan lupa, bersihkan debu atau kotoran di sela – sela handphone atau smartphone android anda.

Kemudian Periksa Kelengkapan Bawaan Seperti Dus Dan Aksesoris

Pastikan semua aksesoris dan kelengkapan handphone bekas anda masih ada mulai dari Dus, Charger, USB, Headset, dan lain – lainnya. Kelengkapan handphone bekas sangatlah penting, jika misalnya dus anda hilang atau sudah anda buang kemungkinan harga akan turun drastis.

Apabila charger atau headset anda rusak, sebaiknya anda siasati dengan yang baru. Hal ini bertujuan agar smartphone anda lengkap kembali walaupun sudah tidak original.

Jual Ke Orang Terdekat

Sebelum anda menjual ke orang lain yang tidak anda kenal, sebaiknya tawarkan dulu ke orang terdekat anda, bisa teman dekat, saudara, tetangga, atau orang – orang terdekat anda lainnya. Dengan menjual handphone bekas ke orang terdekat, tentunya dia akan lebih percaya ke anda karena sudah kenal dengan anda.

Jangan terlalu berlebihan dengan teman sendiri, pasang harga yang sesuai dengan keadaan handphone atau smartphone android anda. Agar teman anda tergiur, anda bisa jual dengan nyicil dengan catatan harus bisa melunasi sesuai dengan waktu yang telah anda tentukan.

Jual Secara Online

Jika anda menjual ke konter mungkin akan sangat murah. Ya, kita harus maklum karena mereka akan menjual smartphone anda kembali. Entah kapan handphone bekas anda bisa laku kembali atau tidak, itu urusan konter. Hal inilah yang membuat konter memberi tarif murah pada handphone bekas anda.

Sekarang ini lebih mudah mencari barang bekas lewat situs online seperti KASKUS dan OLX. Nah, bagi anda yang ingin menjualnya secara online maka anda bisa tuh jual di situs tersebut. Selain situs online, anda juga bisa jual lewat grup facebook. Jika barang anda bagus maka harganya pun juga akan bagus.

Berikan Harga Normal

Harga tinggi boleh tapi anda harus menyesuaikan juga dengan kondisi smartphone android anda. Cek harga bekas pada umumnya orang menjual handphone bekas dengan merek dan tipe yang sama. Seorang pembeli juga memiliki otak dalam memilih produk, mereka tahu mana harga mahal, harga wajar, dan harga murah.

Jangan berlebihan, jika sebelumnya anda membeli handphone atau smartphone baru dengan harga 2 juta kemudian anda jual dengan harga 2,1 juta maka anda sangat berlebihan. Orang pasti malas melihat handphone anda.

Cara Pembayaran

Pada umumnya orang lebih memilih COD (cash on delivery) atau transfer lansung. COD merupakan proses bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan penjualan/pembelian secara langsung dengan melakukan perjanjian tempat yang disepakati. Untuk lebih baiknya memang COD, karena dari situ anda bisa tawar menawar, menjelaskan, dan jika deal maka uang langsung bisa anda terima.

Tapi COD hanya bisa anda lakukan pada kota yang sama atau wilayah yang sama. Dan untuk tempat CODnya, anda bisa cari tempat yang bagus seperti café, tempat umum, atau semacamnya. Usahakan jangan COD di pinggir jalan atau tempat gelap.

Gambar : Image courtesy of Cooldesign at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *