Belajar Istilah dalam Microsoft Project

By | June 1, 2016

Sebelum Anda belajar Microsoft Project ada baiknya Anda belajar terlebih dahulu istilah istilah dalam microsoft project. Istilah istilah ini biasanya juga merupakan istilah umum yang sering Anda jumpai pada Manajemen Proyek.

belajar microsoft project tentang istilah

Dalam menggunakan aplikasi microsft project atau ketika belajar Microsoft Project, Anda tidak hanya perlu terlebih dulu mengenal istilah-istilah tetapi juga mengetahui perumusannya jika ada, agar nantinya Anda tidak bingung dalam menggunakan aplikasi ini serta tidak salah dalam melakukan penjadwalan. Dikarenakan setiap istilah bisa jadi mengandung formula yang variabelnya saling berhubungan satu sama lain dan erat kaitannya dengan teori yang dijumpai dalam project manajemen.

Berikut ini istilah yang akan Anda jumpai ketika menggunakan Microsoft Project dan perlu Anda kenal di dalam belajar Microsoft Project untuk melakukan penjadwalan :

Belajar Istilah dalam Microsoft Project

 

Task

Task merupakan nama lain dari aktifitas atau pekerjaan. Task merupakan kelompok terkecil dalam project dan biasanya didahului dengan WBS (Work Breakdown structure) yang merupakan kelompok pekerjaan.
Contoh task seperti : pengecoran, pemagaran, mengadakan rapat perencanaan,dll. Pada microsoft project task ini diisikan pada kolom Task Name.

Duration

Duration atau bisa diartikan sebagai durasi merupakan periode lama pekerjaan atau aktifitas dilakukan. Duration ini memiliki kolom tersendiri di dalam Microsoft Project. Jika tanggal start (start) ditambah dengan Duration maka akan memberikan nilai tanggal berakhir (finish) dari suatu pekerjaan. Misalkan pekerjaan dalam proyek konstruksi yaitu penggalian tanah memiliki durasi 3 hari artinya lama pekerjaan dilakukan dengan priode waktu tiga hari. Ketika duration ini diisikan di Microsoft Project maka akan terisi dengan 3 days (jika digunakan satuan waktu day atau hari).

Dalam Microsoft Project duration ini dapat diisi dengan pilihan satuan seperti berikut :

Inisial Satuan
min menit (minute)
hr jam (hour)
day hari (days)
ed 1 hari penuh (elapsed day)
ew 1 minggu penuh (elapsed week)
wk minggu (week)
mont bulan (month)

 

Start

Start merupakan nilai tanggal dimulainya aktifitas atau pekerjaan. Nilai start ini dapat diisi pada saat awal pengisian microsoft project yaitu pada saat perencanaan. Microsoft project dapat dibuat auto scheduled sehingga tanggal start pada semua aktifitas dapat terisi secara otomatis dengan adanya relasi antar pekerjaan.

Finish

Finish adalah tanggal berakhirya pekerjaan. Tanggal ini merupakan tanggal start ditambah dengan durasi pekerjaan. Tanggal finish juga akan terisi secara otomatis jika pada aktifitas sudah diisi tanggal start dan durasi serta terdapat relasi antar pekerjaan dan diset pada mode otomatis.

Predecessor

Predecessor merupakan suatu aktifitas yang mendahului aktifitas setelahnya serta memiliki relasi antara keduanya. Relasi yang ada bisa relasi Finish to Start (FS), Finish to Finish (FF), Start to Finish (SF), Start to Start (SS).

Resource

Resource adalah sumber daya yang tersedia pada project. Sumber daya ini bisa berupa sumber daya tenaga kerja (man power) atau sumber daya material.

Fixed Cost

Fixed Cost adalah pengeluaran atau biaya selain dari biaya resource. Fixed cost ini adalah biaya tetap yang dikeluarkan untuk aktifitas tertentu. Misalkan : biaya training, biaya perjalanan, dll.

Cost

Dalam microsoft project cost merupakan biaya total yang dibutuhkan untuk melaksakan suatu aktifitas yang merupakan penjumlahan dari biaya resource dan biaya fixed cost.

Gantt Chart

Gantt Chart merupakan bentuk tampilan diagram batang yang ditampilkan secara horisontal, yang menggambarkan masing masing pekerjaan beserta durasinya. Pemakaian isilah Gantt chart ini berasal dari pemakai pertama grafik in yaitu Henry L. Gantt.

Baseline

Baseline merupakan jadwal rencana pada proyek yang sudah ditetapkan (direcord) pada microsoft project yang dijadikan sebagai acuan untuk pelaksanaan proyek di lapangan.

Tracking

Tracking adalah proses membandingkan antara hasil kerja di lapangan dengan rencana kerja semula. Dengan melakukan tracking ini Anda dapat melihat apakah progres yang ada sudah sesuai dengan rencana semula sehingga dapat diketahui performa pekerjaan yanng sudah berjalan.

Milestone

Milestone merupakan penanda dimulai atau berakhirnya suatu pekerjaan. Milestone ini memiliki durasi 0 (tidak memiliki durasi).

% Complete

Merupakan jumlah aktual durasi pekerjaan yang sudah berjalan (dalam prosentase). Dihitung mulai tanggal aktual start sampai dengan tanggal waktu proyek diupdate atau bisa disebut data date (cut off date) atau sejumlah periode waktu tertentu.

% Complete = (Actual duration/duration)*100%

% Work Complete

Merupakan jumlah aktual pekerjaan yang sudah dilakukan (dalam prosentase). Dihitung mulai tanggal aktual start sampai dengan tanggal waktu proyek diupdate atau bisa disebut data date (cut off date) atau sejumlah periode waktu tertentu.

% Work Complete = (Actual Work/Work)*100%

Secara default microsoft project memiliki konfigurasi % Work Complete sama dengan % Complete.

Independensi % Work Complete terhadap % Complete dapat dihilangkan melalui :

Projects Option > Schedule > (uncentang) Update Task status updates resource status

Physical % Complete

Merupakan progress yang diisi secara manual pada microsoft project sesuai dengan jumlah fisik pekerjaan yang diselesaikan secara aktual (dalam prosentase).

Isian ini akan berpengaruh pada saat kita menggunakan metoda Earned Value dengan pilihan Physical % complete.

Physical-Prosen-Complete

Demikianlah sebagian istilah yang perlu Anda ketahui ketika belajar Microsoft Project untuk melakukan penjadwalan. Meskipun masih banyak istilah lainnya yang perlu ketahui namun jika Anda sudah memiliki dasar project manajemen, Anda tidak akan kesulitan memahami istilah dalam menggunakan aplikasi microsoft project ini atau dalam belajar microsoft project untuk melakukan penjadwalan.

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *