Tips Membeli Smartphone Sesuai Kebutuhan

By | June 20, 2016

Smartphone

Tips Membeli Smartphone ini penting apabila anda akan memilih smartphone sebagai sarana komunikasi dan informasi di era modern saat ini. Memang tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan handphone cerdas di jaman sekarang sudah menjadi suatu yang dicari oleh kebanyakan orang. Karena selain dipilih sebagai sarana komunikasi yang cepat dan efisien, juga dipilih karena memiliki fungsi yang dapat membantu dalam pekerjaan, bisnis serta sebagai sarana hiburan.

Sebelum Anda membeli smartphone Anda perlu mengetahui tipe smartphone apa yang paling sesuai dengan aktifitas Anda. Beberapa smartphone memiliki kelebihan pada kecepatan dan penyimpanan kapasitas data, beberapa yang lain memiliki kelebihan pada fitur kamera, ada juga yang memiliki kelebihan pada sistem komunikasi terbaru yang sudah canggih, daya tahan batere, dll.

Saat ini semakin banyak smartphone yang dijual dengan harga murah, tidak lain dikarenakan persaingan para vendor smartphone sedunia yang berlomba-lomba dalam mengembangkan fiture tambahan yang yang dapat memanjakan kebutuhan pengguna serta membantu komunikasi yang cepat di masyarakat.

Dikarenakan banyaknya pilihan jenis smartphone, sebagian orang masih bingung dalam menentukan smartphone yang sesuai dengan keinginannya atau aktifitasnya. Berikut ini kami memberikan tips bagaimana membeli smartphone agar Anda tidak salah pilih :

Membeli smartphone berdasarkan sistem operasi

Pada sistem operasi Smartphone terdapat 4 jenis Sistem Operasi yang dikenal luas, yakni Android, Windows Phone, Blackberry, Ios. Semua jenis ini memiliki kekurangan serta kelebihan. Jenis Android merupakan sitem operasi yang paling terkenal serta paling banyak digunakan saat ini sebagai OS mobile dikarenakan banyaknya aplikasi yang menggunakan tipe Android ini. Selain untuk aplikasi yang berbayar banyak aplikasi gratis yang dapat dijalankan pada OS Android ini. Anda juga dapat mengunduh aplikasi secara gratis yang sesuai dengan tipe OS Android, meskipun kelemahannya mudah terkena virus. Sedangkan IOS merupakan sistem operasi yang digunakan untuk produk Apple seperti Iphone. Tidak seperti windows Phone atau Android, Apple tidak melisensikan IOS untuk sistem operasi selain produk Apple. Sedangkan Blackberry adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan RIM yang dapat Anda gunakan ketika Anda menggunakan perangkat Blackberry.

Membeli smartphone sesuai dengan performa dan kinerjanya

Setiap jenis smartphone mempunyai kinerja yang berbeda, apabila tujuannya untuk games berarti harus memilih smartphone yang memiliki kapasitas yang besar yang dapat menyimpan seluruh games Anda. Selain  itu Anda juga perlu mempertimbangkan memilih smartphone yang memiliki Prosesor serta Ram yang tinggi speknya.

Memilih smartphone yang memiliki daya tahan kuat baterai

Pemilihan kapasitas daya tahan baterai yang lebih dari 2600 MAH dan memiliki fitur fast charging ini penting bagi Anda yang sering bepergian ke luar ruangan atau bagi orang orang yang mobile.

Kapasitas penyimpanan

Jika Anda memiliki keperluan untuk menyimpan banyak file, pilihlah smartphone yang memiliki memori internal minimal 8 GB serta dilengkapi dengan slot Micro SD agar Anda dapat menambah kapasitas smartphone Anda jika dibutuhkan sewaktu waktu.

Pilihlah smartphone berdasar ke layar

Jika Anda suka membaca atau bekerja di layar smartphone Anda pilihlah yang tampilan layarnya minimal memiliki lebar 5 inches sehingga Anda tidak cepat lelah ketika bekerja di smartphone Anda.

Jangan Terburu-buru

Ketika Anda membeli smartphone jangan terburu-buru untuk mengambil Smartphone pada satu tempat tertentu. Bandingkan harga nya untuk beberapa toko serta minta nasehat penjaga toko dari beberapa toko handphone yang Anda kunjungi mengenai kebutuhan handphone yang sesuai dengan aktifitas Anda.

Banyak yang memilih smartphone murah berkualitas baik

Saat ini hanya dengan budget 1,5 – 2juta Anda sudah dapat menikmati smartphone yang memiliki fitur mumpuni. Jika Anda berniat membeli Smartphone, silahkan tentukan dari sekarang tipe dan jenis smartphone mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *