8 Cara Mengatasi Stres Yang Aman dan Efektif

By | June 19, 2016

cara-mengatasi-stres

Stres adalah gangguan psikis yang bisa terjadi pada semua kalangan usia karena berbagai alasan, mulai dari masalah di tempat kerja, masalah keluarga, maupun beban pada diri pribadi. Pada saat mengalami stres dan tidak segera diatasi dengan baik, bukan tidak mungkin stres yang terjdi akan berakibat pda munculnya gangguan kejiwaan lain atau depresi. Berikut adalah beberapa cara mengatasi stres yang bisa dilakukan kapanpun dan pastinya efektif.

Melakukan meditasi

Saat Anda merasa memiliki emosi yang tidak terkendali, lakukan meditasi sekitar 10 menit dalam kondisi duduk. Lakukan teknik pernafasan dengan tenang dibantu dengan alunan musik klasik yang akan membantu mengurangi hormon stres pada diri Anda.  

Tertawa atau menonton drama komedi

Saat Anda merasa stres atau sedih, tertawalah sekeras mungkin. Jika Anda termasuk orang yang sulit terpancing untuk tertawa, tak ada salahnya membantu diri sendiri untuk tertawa dengan menonton film komedi. Dengan tertawa, tubuh Anda akan menstimulasi hormon endorfin dan serotonin yang membantu menenangkan saraf.

Menangis untuk melepas beban

Ketika Anda merasa mengalami beban berat, menangis adalah cara yang efektif untuk mengurangi gejala stres. Anda bisa menangis sampai merasa beban perasaan yang Anda miliki berkurang. Jika Anda merasa malu menangis didepan umum, Anda bisa menonton film sedih yang membantu menstimulasi air mata pada diri Anda.

Mengkonsumsi makanan kaya asam folat dan antioksidan

Ketika Anda menderita stres psikis maupun fisik, salah satu cara mengatasi stres yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi makanan kaya asam folat seperti jeruk, jagung muda, dan tofu atau makanan kaya akan antioksidan (cokelat, jeruk, salmon, blueberry, yogurt). Jenis makanan tersebut akan meningkatkan fungsi kinerja otak dan membantu memulihkan memori untuk mengurangi reaksi stres. Namun demikian, agar hasilnya positif, konsumsi bahan makanan tersebut sesuai takaran gizi yang diperbolehkan menurut indeks berat badan.

Melakukan olahraga ekstrim

Tahukah Anda melakukan olahraga ekstrim seperti panjat tebing, bungee jumping, atau olahraga lainnya saat sedang mengalami stres akan membantu Anda mengurangi beban pikiran yang ada, karena olahraga ekstrim yang dilakuakn akan menstimulasi hormon yang mempercepat aliran darah. Ketika Anda berteriak sebagai upaya menenangkan diri, secara tidak langsung stres maupun beban yang dialami akan menghilang.

Menyalakan lilin aromaterapi di ruangan

Saat Anda merasa stres dan butuh waktu untuk tenang, nyalakan lilin aromaterapi ditempat Anda beristirahat. Lilin dengan aroma bunga lavender, germanium, maupun melati akan membantu merelaksasi saraf otak dan mengurangi stimulasi hormon kortisol yang bisa menyebabkan perasaan stres. Untuk meningkatkan efeknya, sebelum menyalakan lillin aromaterapi, akan lebih baik jika Anda mandi terlebih dahulu dan mengompres wajah Anda dengan air dingin.

Berkomunikasi dengan teman dekat

Pernahkah mendengar istilah “that’s are friend are for,” istilah tersebut akan terasa manfaatnya ketika Anda memiliki beban pikiran yang ingin Anda keluarkan dari dalam diri. Anda bisa berbicara dengan teman dekat, ketika Anda tidak memiliki kepercayaan diri untuk bercerita pada keluarga dan minta saran dari mereka atas permasalahan yang ada. Selain mendapatkan saran, dukungan yang Adna dapat dari teman bisa menjadi kekuatan Anda untuk terhindar dari stres.

Melakukan hubungan seksual (bagi yang sudah menikah)

Salah satu cara mengatasi stres yang dapat dikatakan sangat efektif adalah melakukan hubungan seksual dengan pasangan (bagi yang sudah menikah). Dengan berhubungan seksual, Anda akan meningkatkan produksi hormon relaksin dan menjaga kesehatan jantung. Selain meminimalisir stres, seks yang sehat juga akan membantu diri Anda sendiri dalam mengurangi lemak yang menumpuk dalam tubuh.

Gambar : Image courtesy of Phaitoon at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *