7 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping

By | June 19, 2016

Tips-Menurunkan-Berat-Badan

Saat seseorang memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional, tak jarang orang yang bersangkutan akan menjadi kurang percaya diri dan hal tersebut bisa berpengaruh pada kondisi psikologisnya. Berikut adalah beberapa tips menurunkan berat badan secara alami yang bisa Anda lakukan tanpa khawatir ada efek samping apapun.

Komitmen dari diri sendiri

Jika ingin berat badan turun, beri komitmen pada diri sendiri bahwa Anda bisa mewujudkan apa yang Anda inginkan. Anda perlu mensugesti diri sendiri untuk terus melakukan tips yang dimiliki secara teratur dan tidak perlu mempedulikan ejekan orang lain terhadap diri Anda.

Tentukan role model

Saat ingin memiliki tubuh yang proporsional, tentukan role model yang ingin Anda ikuti. Anda bisa memajang foto idola yang Anda jadikan patokan untuk memilki tubuh proporsional atau mengikuti gaya hidup sehatnya dalam hal pemenuhan gizi.

Konsumsi air putih

Salah satu cara penting dalam menurunkan berat badan secara alami adalah selalu membiasakan diri mengkonsumsi air putih daripada kopi, teh, atau soda. Sebanyak 2liter air putih per hari akan membantu menetralisir racun maupun melaruttkan lemak yang ada dalam tubuh. Jika Anda merasa mengkonsumsi air mineral biasa hanya akan membuat tubuh terasa kembung, coba konsumsi air mineral yang memiliki kadar pH 8 keatas. Saat mengkonsumsi air yang pHnya diatas 7, tubuh akan memiliki kemampuan lebih banyak untuk mengikat ion, karena pada dasarnya tubuh manusia banyak memiliki elemen asam.

Hindari makanan berkadar gula tinggi

Saat Anda ingin sehat, jangan konsumsi makanan yang mengandung gula terlalu banyak, hal tersebut hanya akan membuat Anda mudah merasa lapar kembali dan lemas. Ganti asupan makanan tinggi gula dengan makanan berprotein tinggi.

Hindari makanan berkadar lemak jenuh

Jika ingin kurus, hindari makanan yang memiliki kadar lemak jenuh cukup tinggi seperti jeroan, gorengan, maupun olahan makanan dengan minyak kelapa. Hal tersebut karena makanan dengan kadar lemak jenuh, tidak mudah tercerna oleh saluran pencernaan dan banyak mengendap di pembuluh darah.

Atur porsi makan

Diet bukan berarti tidak makan pagi atau menghilangkan salah satu agenda makan. Tetapi Anda harus pintar dalam mengatur porsi sekaligus waktu untuk makan. Cara menurunkan berat badan yang paling baik adalah mengkonsumsi makanan lebih sering hanya dengan porsi yang lebih sedikit setiap kali makan dan diatur kadar protein, mineral, serta vitaminnya. Sebagai contoh, di pagi hari Anda hanya mengkonsumsi 200gram oatmeal yang dicampur buah atau sayur, 6 jam kemudian, Anda mengkonsumsi 2 buah apel, dan 6 jam kemudian Anda mengkonsumsi nasi ayam. Untuk porsi makan malam, usahakan porsinya lebih sedikit dari makan pagi dan tidak mengkonsumsi makanan beberapa saat sebelum tidur, karena makanan yang dikonsumsi sebelum tidur hanya akan menumpuk kembali menjadi lemak atau cadangan glikogen dalam tubuh.

Saat Anda ingin memiliki bentuk badan yang proporsional, pastikan Anda memiliki komitmen untuk olahraga secara teratur. Anda bisa memilih jenis olahraga apapun yang bisa membakar kalori secara perlahan tetapi pasti. Agar berhasil dalam pelaksanaan olahraga, berikut adalah aturan main yang bisa Anda tentukan sendiri:

  • Menentukan lama waktu olahraga dan kapan waktunya, misalkan olahraga setiap pagi jam 4.30 hingga 5.30.

  • Menentukan variasi jenis olahraga yang ingin dilakukan dengan prinsip olahraga penting untuk tubuh sehingga tidak boleh dilakukan dengan pola terpaksa untuk menyiksa diri sendiri.

  • Tetap seimbangkan olahraga yang dijalani dengan asupan makanan yang bergizi. Semoga dengan berbagai tips menurunkan berat badan secara alami diatas, tubuh Anda bisa menjadi semakin sehat dan proporsional.

Gambar : Image courtesy of Suart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *