5 Cara Merawat Smartphone Agar Tidak Cepat Rusak

By | June 22, 2016

Smartphone

Tips Cara Merawat Smartphone – Ada yang suka dengan gadget Smartphone? Baik versi iPhone ataupun Smartphone, tentu keduanya memiliki tingkat teknologi yang canggih di era 4G, khususnya di Indonesia.

Smartphone sudah menjadi barang yang primer untuk saat ini. Adakalanya karena harga smartphone semakin turun dengan adanya tipe – tipe baru seringkali membuat kita jadi tidak lagi menghargai barang yang telah kita beli.

Sehingga seringkali kita menjumpai smartphone yang cepat rusak kurang dari masa tiga bulan, atau belum selesai masa garansi smartphone sudah lekas rusak. Anda pun kurang sadar mengapa smartphone yang Anda miliki menjadi lekas rusak, apakah dari segi mutu produknya atau karena memang penggunaan kita sendiri?

Nah berikut adalah lima poin sebab atau kebiasaan yang membuat smartphone kita lekas rusak, yuk kita intip tips cara merawat smartphone berikut ini:

Hindari Mengecas smartphone tanpa dimatikan

Mengecas smartphone tanpa dimatikan membuat arus listrik di dalam baterai terganggu. Terutama arus besar dari listrik rumah dan arus di listrik di dalam smartphonenya itu sendiri pada saat hidup. Sehingga baterai lebih cepat panas, dan kapasitas penyimpanan daya baterai menjadi berkuruang.

Hindari Baterai dalam keadaan kosong

Bagi sebagaian orang baterai dalam keadaan kosong, dan mati terlalu lama tidak akan bermasalah. Ternyata itu juga membuat baterai menjadi cepat lelah. Maka dari itulah, sebaiknya jika baterai dalam posisi low battery, maka segeralah dimatikan dan hendaknya lekas dicas.

Hindari Merombak Komponen smartphone

Jelas, komponen smartphone yang sudah bawaan pabrik ketika Anda mencoba dengan merakit ulang dengan komponen yang berbeda tentu akan mempengaruhi kinerja smartphone Anda. Meski Anda menginnginkan agar lebih sempurna menurut versi Anda, tentu saja akan merugikan Anda sendiri.

Hindari Meletakkan Smartphone di tempat yang panas dan lembab

Mungkin ini jadi kebiasaan kita, meletakkan smartphone di tempat-tempat yang panas, dan lembab. Mungkin di atas lemari es, di atas televisi, di atas laptop, di atas rak kamar mandi, dan di dalam ruangan mobil dengan menyalakan pendingin udara. Memang terlihat sepele, namun sebagaian komponen smartphone seperti layar LCD, dan baterai akan menyebabkan pemuaian yang berakibat pada hilangnya kemampuan LCD dan baterai dalam bekerja lebih maksimal.

Hindari Menjadikan smartphone alat menyimpan file berbahaya

Jika Anda seorang yang hobby download video, gambar, aplikasi, atau game melalui smartphone. Sepertinya Anda perlu berhati-hati, karena file dari situs di internet tidak sepenuhnya aman. Seringkali menjadi alat peretas atau cracker dalam merusak calon korbannya melalui virus yang ditanam dalam file downloadnya. Sehingga Anda perlu berhati-hati lagi dalam menggunakan smartphone Anda.

Demikian cara merawat Smartphone, Semoga ke-lima hal yang membuat smartphone Anda cepat rusak dapat dihindari sehingga smartphone Anda lebih awet dalam pemakaian.

Gambar : Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *