10 Cara Sehat Menambah Berat Badan

By | June 19, 2016

Cara-Manaikkan-Berat-Badan

Agar tubuh kita sehat kita perlu mencapai berat badan yang ideal. Jika Anda terlalu kurus atau berat badan Anda di bawah berat ideal, Anda akan lebih rentan terhadap serangan penyakit.  Sehingga perlu bagi seseorang yang berat nya di bawah normal untuk segera menaikkan berat badannya dengan cara yang sehat.

Berikut ini merupakan tips cara untuk menaikkan berat badan dengan cara yang sehat :

Hindari Stres yang Berlebihan

Stres yang diikuti kecemasan yang berlebihan dapat mengakibatkan energi sesesorang lebih banyak terkuras serta dapat mengakibatkan kurangnya nafsu makan. Agar berat Anda tidak berkurang hindari stres berlebihan serta cukup istirahat.

Olahraga secara Teratur

Carilah cara agar badan Anda berkeringat dengan olaharaga secara teratur yang tidak berlebihan. Dengan berolahraga peredaran darah Anda menjadi lebih lancar
dan nafsu makan Anda juga akan bertambah. Anda dapat melakukan olahraga minimal 3 kali seminggu dengan berjalan kaki, senam atau joging.

Makan dengan Teratur

Makanlah secara teratur. Selalu sarapan di pagi hari. Carilah makanan yang menyehatkan di antara waktu makan seperti buah buahan sehingga pada saat jam makan Anda tidak kekurangan
nafsu makan.

Kunyah Makanan dengan Baik

Mengunyah makanan dengan baik dapat membantu memperlancar proses pencernaan sehingga zat yang dibutuhkan dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Saat makanan sampai di mulut kunyahlah sampai halus serta bercampur dengan air ludah. Hal ini dapat mempermudah kerja lambung.

Banyak Makan Karbohidrat

Jika Anda banyak bergerak maka makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak. Karena jika kelebihan, maka karbohidrat dan lemak akan ditimbun. Hal ini berbeda dengan protein yang tidak akan ditimbun oleh tubuh.

Jika Anda perokok hentikan merokok dan hindari bergadang

Merokok selain dapat memberikan efek yang negatif pada tubuh juga dapat membuat tubuh Anda susah untuk menjadi gemuk. Hindari juga bergadang karena tubuh Anda perlu
waktu istirahat yang cukup untuk melakukan regenerasi sel serta mengembalikan energi.

Konsumsi Telur

Konsumsi telur dapat membuat berat badan Anda bertambah. Jika Anda tidak memiliki masalah kolesterol konsumsilah telur bersama kuningnya minimal satu kali seminggu sedang putih telur dapat Anda konsumsi setiap hari (tanpa kuning telur). Konsumsi telur organik lebih sehat karena mengandung nutrisi yang lebih tinggi serta terbebas dari hormon dan obat-obatan.

Tidurlah yang Cukup

Tidur lah minimal 7-8 jam sehari, karena tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk meregenerasi sel sel tubuh.

Minum Air putih yang Cukup

Minumlah air putih yang cukup, karena dengan air putih yang cukup zat-zat makanan dalam tubuh Anda lebih mudah untuk terdistribusi dalam tubuh

Cek Kesehatan

Jika Anda pernah gemuk atau mengalami penurunan berat badan yang drastis coba periksa kesehatan Anda. Bisa jadi Anda sedang mengalami stres atau ada masalah dengan pencernaan Anda atau masalah lainnya.

Demikian tips untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, semoga dapat Anda praktekkan dengan bijak.

Gambar : Image courtesy of Mister GC at FreeDigitalPhotos.net
 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *