Pilih Primavera atau Microsoft Project ?

By | May 7, 2016

Sampai saat ini, hampir semua jenis bisnis dijalankan sebagai proyek. Dalam proyek, Ada penjadwalan aktifitas, penugasan aktifitas, penentuan kapan proyek dimulai dan kapan berakhir, pemilihan material atau resource yang dibutuhkan, dll. Terlepas dari sektor industri atau bukan jika Anda seorang CEO, project manajer, project planner atau sebagai tim pendukung dalam suatu proyek Anda perlu tahu bagaimana kegiatan berlangsung dalam suatu proyek serta bagaimana proyek tersebut dijalankan di perusahaan Anda.

Penggunaan Ms. Project dewasa ini bisa dibilang kebutuhan dasar dalam pelaksanaan suatu proyek. Hampir semua perusahaan menggunakan Ms. Project untuk mengelola informasi kegiatan pada proyek seperti, aktifitas, jadwal, relasi antar aktifitas, resource, biaya yang dikeluarkan, progress, dll. Tidak hanya dalam kegiatan proyek Anda sendiri, tetapi jika Anda bekerja sama dengan vendor yang menangani proyek Anda, Anda juga butuh Ms. Proyek untuk dapat saling bertukar informasi atau untuk keperluan mengedit data yang dikirim oleh vendor Anda (biasanya melalui email).

Berbeda dengan penggunaan Ms. Project yang lebih ditujukan dalam kegiatan pada satu proyek (meskipun bisa juga untuk beberapa project secara bersamaan dengan fitur tracking yang lebih terbatas), penggunaan Primavera Project Management dimaksudkan dalam pengerjaan proyek dengan skala yang lebih besar atau untuk mengintegrasikan kegiatan beberapa proyek (yang berjalan secara bersamaan) mulai dari proses perencanaan sampai tracking atau pelacakan pelaksanaan aktifitas secara aktual di lapangan yang melibatkan banyak tim untuk mengakses dan mengupdate data sehingga sesuai digunakan pada perusahaan skala besar (seperti : Perusahaan Konstruksi, Oil and Gas, Manufaktur, dll). Primavera dapat digunakan untuk melakukan tracking multiple Project secara lebih detail dibanding Ms. Project karena grafik dan data yang ditampilkan serta pilihan variabel lebih terperinci. Pada primavera terdapat fitur login dengan priviledge yang dapat diatur agar user dapat mengakses data project tertentu atau fitur tertentu. Beberapa user yang sudah melakukan login juga dapat melakukan update proyek secara bersamaan jika diberi hak akses (priviledge).

Pada artikel ini saya tidak ingin mengajak Anda untuk lebih memilih salah satu dari kedua tools tersebut. Tetapi lebih kepada kebutuhan mana yang sesuai dengan keadaan pengelolaan proyek pada perusahaan Anda saat ini.

Berikut ini saya sertakan tabel perbandingan fitur Primavera dibanding Ms. Project :

Primavera-vs-MsProject

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari sisi cost / biaya per license, penggunaan Primavera akan lebih besar jika dibanding dengan Microsoft project. Biaya yang dikeluarkan bisa berupa biaya pembelian per User License, keperluan training, upgrade version, pemeliharaan atau integrasi data.

Jika Anda atau perusahaan Anda banyak terlibat dengan beberapa Proyek sekaligus yang membutuhkan data terintegrasi serta banyak melibatkan orang-orang dengan beberapa atau banyak tim dalam proyek Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Primavera dalam pelaksanaan Proyek di perusahaan Anda. Tetapi jika Anda bekerja pada satu Proyek (atau beberapa proyek yang berbeda) yang tidak terlalu banyak membutuhkan detail record selain dari jadwal aktifitas, biaya, resource, penempatan resource sebaiknya Anda menggunakan Ms. Project karena lebih simple serta lebih umum digunakan sebagai sarana pertukaran data.

Di sisi lain, biasanya perusahaan yang menggunakan Primavera juga perlu memiliki Microsoft Project untuk keperluan pertukaran informasi dengan perusahaan lain (vendor) atau dengan Departemen lain.

 
Share

One thought on “Pilih Primavera atau Microsoft Project ?

  1. bambang

    Kalau di kantor saya pakai dua2nya mas..biasa nya ms project buat pengisian data di masing masing departemen kemudian ada tim integratornya yg memasukkan data ke dalam primavera..trimakasih artikelnya bermanfaat

     
    View Comment
    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *