Penamaan Array pada Excel

By | May 17, 2016

Ketika kita bekerja dalam Excel, sering kita menggunakan sekelompok data yang sama dalam membuat formula atau perumusan dalam Excel. Misalkan lembar kerja kita terdiri dari data Penumpang, data Kendaraan, data Harga Tiket, dll. Kita sering menggunakan data-data tersebut secara berulang.

Untuk memudahkan dalam menggunakan sekelompok data, maka sekelompok data tersebut perlu diberi nama (Name Range), cara nya :

Melalui Name Box

Pilih data yang akan dikelompokkan :

Pada contoh data yang dipilih mulai dari B3:C7.

NameRange1

Lalu pada name box isikan nama sekelompok data tersebut. Pada contoh di atas nama nya DataPenumpang. Secara otomatis nama yang diisikan melalui name box sudah terisi pada Name Manager pada Excel.

Cara lain, yaitu :

Melalui Name Manager

Setelah dipilih data yang akan dinamai, masuk ke tab Formula >> Name Manager >> klik tombol New, lalu isikan kolom Name dengan nama DataPenumpang. Lalu klik OK.

NameRange2

Catatan :

Pada penamaan dari name box secara otomatis otoritas penamaan berlaku untuk seluruh sheet (Workbook). Sedangkan penamaan melalui tab Formula pada kolom Scope terdapat pilihan otoritas berlaku nya nama kelompok data yang dibuat yaitu pada Workbook atau hanya pada Sheet tertentu.

Tidak hanya berfungsi untuk mendefenisikan array baris atau table tertentu pada sel, tetapi dapat juga untuk mendefisnikan konstanta tertentu pada suatu sel sehingga memudahkan dalam pengisian data selanjutnya. Anda tidak perlu mendefenisikan ulang atau mencari-cari lagi dalam referensi anda berapa nilai diskon yang seharusnya.

Dengan membuat nama konstanta “Diskon” anda tinggal mencari nama “Diskon” di kotak nama Excel.

Misalkan Anda membuat suatu konstanta bernama Diskon. Anda dapat mendefenisikan pada sel tertentu pada Excel misalkan Diskon sebesar 0.25.

Pada contoh Anda isikan 0.25 pada C9 kemudian Anda namakan Diskon.

Namerange3

 

Ketika Anda membuat fomula Anda tidak perlu membuat ulang Diskon pada sel yang lain atau Anda tidak perlu lagi membuat angka 0.25. Anda tinggal mengetik ulang namanya pada perumusan, misalkan :

HargaBayar=TotalHarga-(TotalHarga*Diskon).

Penamaan sel atau Array tertentu pada Excel mempunyai beberapa keuntungan, yaitu :

  • Anda dapat lebih mudah dalam meng-update perumusan dalam Excel. Misal Anda ingin mengubah nilai Diskon menjadi 0.2, pada contoh di atas Anda tinggal mengubah angka dari 0.25 menjadi 0.2. Semua perumusan yang menggunakan Diskon akan berubah angkanya sesuai nilai yang di-update.
  • Dapat meminimalisasi error pada perumusan dalam Excel
  • Mempercepat cara kerja Anda serta memudahkan orang yang bekerjasama dengan Anda untuk melihat serta mengerti rumus Excel yang Anda buat

Demikian penamaan Array pada Excel, semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar excel secara mandiri..

 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *